Breaking News:

Cerita Pendek

Cerpen Tribun Jabar Minggu Ini: Senyum Kemenangan

Dorka! Nama itu bertahun-tahun terus menjalar seperti darah kotor di sekujur tubuhnya. Menjadi bayang-bayang di setiap kelebat lamunannya.

Penulis: Hermawan Aksan | Editor: Hermawan Aksan
Ilustrasi Cerpen 

Oleh Rudi Riadi

            Langit sore mulai kelabu saat beberapa meter lagi Karjang menerobos gapura desa. Ia berhenti tanpa mematikan mesin sepeda motornya, hanya untuk memastikan bahwa desa ini benar-benar yang ia tuju. Mata keruh itu memandangi tulisan selamat datang pada gapura itu yang akan segera ia lewati. Jelas bukan tatapan rasa rindu.

Untuk sementara rencana ini sesuai keinginan, bahwa ia harus masuk ke desa itu sebelum azan Magrib berkumandang.

            Sejenak ia teringat kalimat istrinya yang memberikan bekal untuk berbuka.

Baca juga: Cerpen Tribun Jabar Minggu Ini: Copet! Copet!

            “Tidakkah kauurungkan niatmu, Yah?”

            “Tidak, Bun. Ayah harus menuntaskan janji.”

            Tapi istrinya adalah wanita terbaik yang ia miliki. Dalam isak tangis, kekhawatiran tetap saja memberinya perbekalan berbuka.

“Aku datang, Dorka!” Getar suaranya berasal dari kobaran yang menyulut di hatinya. Ia segera memasukkan gigi satu sepeda motornya.

            Dorka! Nama itu bertahun-tahun terus menjalar seperti darah kotor di sekujur tubuhnya. Menjadi bayang-bayang di setiap kelebat lamunannya. Dorka adalah penguasa pasar 15 tahun lalu. Tidak ada seorang pun yang berani mencela kotoran di matanya. Sedikit saja hati Dorka tergores, maka golok rajapati akan melayang.

Baca juga: Cerpen Tribun Jabar Minggu Ini: Hukum Chekov

            Dulu, adik Karjang punya kios rokok di jalan menuju pasar. Dorka selalu berkeliling meminta “upeti”, termasuk ke kios adik Karjang. Entahlah, saat itu sang adik tidak mau memberi bahkan hanya sebatang rokok pun kepada Dorka. Maka pada suatu subuh yang dingin, Karjang mendapat kabar dari orang-orang pasar bahwa saudara kandung tercinta sudah tak bernyawa di kiosnya.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved