Breaking News:

Pendidikan

UPI Buka Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri bagi 3.003 Mahasiswa, Ini Tata Caranya

UPI Bandung memberikan kesempatan kuota 3.003 orang bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri.

Penulis: Cipta Permana
Editor: Hermawan Aksan
UPI Buka Pendaftaran Jalur Seleksi Mandiri bagi 3.003 Mahasiswa, Ini Tata Caranya
DOKUMENTASI TRIBUNNEWS
logo UPI

Laporan wartawan Tribun Jabar, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung memberikan kesempatan kuota 3.003 orang bagi calon mahasiswa baru yang mendaftar melalui jalur Seleksi Mandiri.

Seleksi Mandiri menjadi salah satu dari lima alur penerimaan yang dibuka UPI tahun ini, yaitu SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri Reguler, Seleksi Mandiri Prestasi Istimewa, dan terakhir jalur Penjaringan Prestasi Akademik D3.

Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Kemahasiswaan UPI, Didi Sukyadi, mengatakan, pemberian kuota melalui jalur seleksi mandiri ini bertujuan untuk menampung atau memfasilitasi banyaknya calon mahasiswa yang memiliki potensi tinggi masuk perguruan tinggi, tapi tidak lolos pada seleksi SNMPTN atau SBMPTN.

Baca juga: UPI Akhiri UTBK-SBMPTN Tahun 2021 dengan Total Peserta 23.768 Calon Mahasiswa

"Melalui kesempatan mengikuti seleksi mandiri di UPI diharapkan calon mahasiswa yang berpotensi tinggi tersebut dapat menggapai cita-citanya dan berkontribusi dalam pembangunan nasional, khususnya di bidang pendidikan," ujarnya melalui keterangan tertulis, Kamis (6/5/2021).

Direktur Pendidikan UPI, Asep Supriatna, menuturkan, tahap pendaftaran seleksi mandiri UPI dimulai pada 31 Mei sampai 2 Juli 2021.

Adapun proses ujian masuk tetap menggunakan UTBK yang dilaksanakan secara luring.

Beberapa program studi mensyaratkan ujian keterampilan atau wawancara yang dikhususkan di jalur masuk seleksi mandiri.

"Waktu pelaksanaan ujian melalui ujian tulis berbasis komputer (UTBK) pada 20-22 Juli 2021 secara luring. Ujian keterampilan dan wawancara akan dilakukan pada 23 dan 24 Juli 2021 secara daring atau luring, yang akan disesuaikan dengan kondisi. Pengumuman hasil ujian kelulusan akan disampaikan pada 13 Agustus 2021," ucapnya.

Kepala Divisi Rekrutmen Mahasiswa Baru, Ahmad Muzakir, menambahkan, secara teknis tempat pelaksanaan UTBK bagi jalur seleksi mandiri UPI diselenggarakan di Kampus Bumi Siliwangi (Laboratorium Komputer pada FPMIPA, FPIPS, FPEB, FPSD, FPBS, FPTK, FIP, FPOK, SPs, Dit. STI dan SMA Laboratorium Percontohan UPI) serta di Kampus UPI daerah, yaitu di Cibiru (Bandung), Sumedang, Purwakarta, Tasikmalaya dan Serang.

Penilaian Seleksi Mandiri UPI didasarkan pada beberapa hal, yakni pertimbangan nilai UTBK SBMPTN 2021 sebagai salah satu komponen penilaian, kemudian nilai tes psikologis bidang minat (kependidikan atau non-kependidikan), dan tes IPA, IPS, dan Bahasa terpadu.

"Peserta yang tidak mempunyai nilai UTBK masih tetap dapat mengikuti seleksi Mandiri UPI 2021," ujar Ahmad.

Khusus untuk program studi yang berkaitan dengan Olahraga dan Seni, akan ada tambahan penilaian dari portofolio dan ujian keterampilan.

Prodi S1 Ilmu Pendidikan Agama Islam akan ada tambahan penilaian dari Ujian Keterampilan Membaca Al Quran; Prodi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (International Program on Science Education/IPSE) akan ada tambahan penilaian dari wawancara dalam Bahasa Inggris.

"Khusus Prodi S1 PGSD, PG PAUD dan Psikologi akan ada tambahan penilaian dari tahap wawancara di bidang masing-masing," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved