Breaking News:

Pemudik yang Pakai Travel Gelap Tak Dapat Asuransi Kecelakaan dari Jasa Raharja

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahadjo, mengatakan perjalanan travel gelap tidak masuk dalam sistem Jasa Raharja.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tangkapan layar webinar PR Media Gathering
Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahadjo 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Para pemudik yang menggunakan transportasi umum ilegal atau travel gelap tak akan mendapat tanggungan asuransi kecelakaan dari PT Jasa Raharja.

Direktur Utama PT Jasa Raharja, Budi Rahadjo, mengatakan perjalanan travel gelap tidak masuk dalam sistem Jasa Raharja.

Alasannya, Jasa Raharja hanya mengambil iuran wajib atau premi dari para penumpang travel berbadan hukum resmi.

"Travel gelap tidak ditanggung Jasa Raharja karena Jasa Raharja itu akan mengutip iuran wajib atau premi penumpang travel yang berbadan hukum resmi," kata Budi Rahadjo, Kamis (6/5/2021).

Berbeda dengan travel resmi yang dapat dipantau Jasa Raharja mulai dari nama hingga pelat nomor kendaraan yang digunakan untuk mengangkut penumpang. 

Baca juga: Nekat Angkut Pemudik Ke Jateng, 2 Travel Gelap Diamankan, Kendaraan Disita Sampai Persidangan

"Itu terpantau betul nomor polisi dan nama travel oleh Jasa Raharja. Kalau travel gelap, namanya gelap, kami tidak tahu, tidak ditanggung Jasa Raharja itu benar," jelas Budi Rahadjo.

Budi Rahadjo menegaskan, tidak semua kecelakaan dalam perjalanan akan mendapatkan santunan dari Jasa Raharja. Jaminan tidak akan diberikan oleh Jasa Raharja terhadap korban jika mengalami kecelakaan tunggal. 

"Kalau terjadi kecelakaan tabrakan dua kendaraan bermotor, masing-masing menimbulkan korban baik luka dan meninggal dunia, Jasa Raharja pasti menjamin," ujar Budi Rahadjo.

Menurutnya, manfaat dari sumbangan wajib yang dibayar oleh pemilik kendaraan di kantor Samsat adalah untuk menjamin pihak ketiga yang ditimbulkan akibat kendaraan dimaksud.

PT Jasa Raharja adalah satu di antara Badan Usaha Milik Negara yang mengemban amanah untuk menyelenggarakan program perlindungan dasar kecelakaan angkutan umum dan lalu lintas.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Budi Rahadjo: Jasa Rahardja tak Menanggung Asuransi Kecelakaan Pemudik yang Gunakan Travel Gelap

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved