Breaking News:

Pemda dan Baznas Purwakarta Salurkan Insentif untuk Guru-guru

Ketua Baznas Purwakarta, Saparudin, menyatakan menjelang Lebaran Baznas memberikan uang ketupat untuk para guru DTA dan TPQ

Dokumen Tribun Jabar
Ilustrasi-- Baznas Purwakarta menyalurkan bantuan 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Purwakarta bersama Pemkab Purwakarta menyalurkan bantuan insentif untuk para guru diniyah takmiliyah (DTA) dan guru taman pendidikan Alquran (TPQ), Kamis (6/5/2021).

Penyaluran bantuan ini dalam upaya mendukung pemerintah daerah dalam membantu warga yang terdampak Covid-19.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengatakan kolaborasi dan sinergitas yang dilakukan dalam menghimpun dana umat dari para ASN melalui Baznas dan mempercayakan pengelolaannya kepada Baznas

"Tiga prinsip yang jadi patokan untuk membangun Purwakarta adalah kolaborasi, sinergi, dan adaptasi. Banyak perubahan yang harus dihadapi utamanya segi pembangunan," ujarnya.

Berdasarkan UU nomor 23 tahun 2014 pengganti UU nomor 32 tahun 2004 tentang pemerintah daerah, ada pembagian kewenangan salah satunya bidang keagamaan yang menjadi kewenangan pusat.

Baca juga: Ini Penjelasan Pihak Puskesmas Penyebab Guru Susan Sempat Alami Pendarahan Seusai Disuntik Vaksin

Pemda tetap menyentuh semua aspek yang bersangkutan dengan masyarakat hanya ada keterbatasan perencanaan, penganggaran hingga implementasinya.

"Baznas Purwakarta tidak sekedar lembaga pengumpul dan pendistribusi zakat, infaq, sedekah, tetapi harus mampu membangun kemaslahatan dan pemberdayaan umat," katanya.

Ketua Baznas Purwakarta, Saparudin, menyatakan menjelang Lebaran Baznas memberikan uang ketupat untuk para guru DTA dan TPQ sebagai bentuk kepedulian Pemda dan Baznas terhadap para ustaz dan ustazah, dan para kiai yang mengajar di sekolah-sekolah agama.

"Kami belum mampu berikan insentif dengan jumlah yang besar. Insyaallah kalau kami sudah bekerja sama dengan pemerintah daerah, jika zakatnya meningkat, pasti bantuan yang diberikan juga meningkat," katanya. 

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved