Breaking News:

Objek Wisata Ditutup Saat Idul Fitri, Kadisparbud Bandung Barat Bingung: Harus Ada Bantuan

Menurut Heri Partomo, beberapa pengelola objek wisata bahkan sudah mempersiapkan segala hal untuk menyambut para wisatawan lokal

Tribun Jabar/Wildan Noviansah
Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat, Heri Partomo, saat diwawancarai, Kamis (6/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Wildan Noviansah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Kebijakan penutupan objek wisata pada Hari Raya Idul Fitri 2021, 7-14 Mei, membingungkan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Disparbud Bandung Barat, Heri Partomo, mengatakan pengumuman larangan mudik dan pembukaan wisata disambut para pengelola objek wisata di KBB.

Menurut Heri Partomo, beberapa pengelola objek wisata bahkan sudah mempersiapkan segala hal untuk menyambut para wisatawan lokal termasuk penerapan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

"Para pengelola objek wisata sudah mempersiapkan dengan baik semuanya termasuk penerapan protokol kesehatan, hal kecilnya mereka sudah menambah kuantitas wastafel untuk mencuci tangan nantinya," katanya, Kamis (6/5/2021).

Dalam rapat koordinasi bersama Kadisparbud Jawa Barat, Heri Partomo, akan mengajukan pembukaan objek wisata dengan pengunjung lokal untuk Bandung Barat.

Baca juga: Banyak Wisata Outdoor, Objek Wisata di Bandung Barat Bisa Tetap Buka? Ini Penjelasan Kadisparbud

Hal ini dikarenakan sebagian besar objek wisata di Bandung Barat merupakan area terbuka. 

"Kita akan sama-sama lihat perkembangannya, saya melihat objek wisata di Bandung Barat bisa kita pantau. Sementara pasar dan pusat perbelanjaan yang indoor dan sulit dikendalikan tidak ditutup," kata dia. 

Menurut Heri Partomo, pembukaan objek wisata di Bandung Barat sepekan ke depan sebagai bentuk pemulihan ekonomi.

Jika objek wisata ditutup, ucapnya, pemerintah pusat harus memberikan bantuan terhadap pekerja objek wisata

"Ini sebagai bentuk pemulihan ekonomi, kita tidak ingin objek wisata di Bandung Barat terpuruk. Jika ditutup pemerintah pusat seharusnya memberikan bantuan terhadap pekerja di objek wisata," kata Heri Partomo.

Baca juga: BREAKING NEWS Tempat Wisata di Lembang dan Tasikmalaya Ditutup, Imbas Zona Merah di KBB dan Tasik

Sebelumnya, Pemprov Jawa Barat meminta Pemkab Bandung Barat dan Pemkot Tasikmalaya untuk menutup sementara destinasi wisata.

Permintaan itu penyusul status Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya yang dinyatakan sebagai zona merah penyebaran Covid-19.

"Dengan berat hati, saya sampaikan di minggu ini ada dua zona merah datang lagi ke Jawa Barat, Kabupaten Bandung Barat dan Kota Tasikmalaya. Sesuai arahan Kapolri, yang zona merah khususnya itu pariwisata akan ditutup ya," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Rabu (5/5/2021).

Penulis: Wildan Noviansah
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved