Breaking News:

Membanggakan, Tel-U Perguruan Tinggi Swasta Pertama di Indonesia yang Raih Akreditasi Unggul

Komitmen Telkom University (Tel-U) dalam upaya mencetak generasi unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia, terus dibuktikan.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Giri
Tribun Jabar/Cipta Permana
Rektor Telkom University, Adiwijaya (tengah). Tel-U berhasil menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) pertama di Indonesia yang meraih akreditasi Unggul. 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana.

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Komitmen Telkom University (Tel-U) dalam upaya mencetak generasi unggul untuk kemajuan bangsa Indonesia, terus dibuktikan.

Caranya dengan meningkatkan mutu kualitasnya dan menghasilkan berbagai produk inovasi yang relevan dengan kebutuhan masyarakat selama ini.

Berkat upaya tersebut, Telkom University berhasil meraih akreditasi unggul.

Selain itu juga menjadi perguruan tinggi swasta (PTS) pertama di Indonesia yang meraih akreditasi unggul.

Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) No. 407/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/2021 tahun 2021.

Rektor Telkom University, Adiwijaya, mengucapkan selamat kepada seluruh sivitas akademika Telkom University atas prestasi yang diraih.

“Ini merupakan bentuk amanah bagi kami (Tel-U). Telkom University terus berkomitmen untuk terus berkontribusi bagi bangsa melalui pendidikan yang berkualitas," ujar Adiwijaya dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Jabar, Kamis (6/5/2021)

Adiwijaya menuturkan, berdasarkan peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi, peringkat akreditasi menentukan kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi pada perguruan tinggi.

Sehingga, akreditasi "unggul" yang didapat sebuah perguruan tinggi, merujuk pada prestasi yang ada di dalamnya dan telah melampaui standar nasional pendidikan tinggi di Indonesia.

"Saat ini Tel-U telah memiliki 37 program studi dari tujuh Fakultas, di mana 62,1 persen atau 23 prodi telah mengantongi akreditasi A, dan satu telah meraih akreditasi unggul. Dan 59 persen di antaranya atau 19 prodi telah terakreditasi internasional, antara lain IABEE, ASIC dan, ABEST 21," ucapnya.

Menurutnya, apresiasi penghargaan akreditasi unggul tersebut, menggenapi capaian prestasi yang pada tahun ini.

Tel-U pun berhasil masuk dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021 berdasarkan sustainable development goals (SDGs).

Telkom University meraih peringkat pertama untuk PTS di Indonesia dan menempati peringkat ke-10 di Indonesia bersanding dengan sembilan perguruan tinggi negeri (PTN).

Pada peringkat dunia, Telkom University menempati peringkat 201-300.

Dengan prestasi-prestasi yang telah berhasil ditorehkan tersebut, lanjutnya Adiwijaya, menjadi kepatutan bila Tel-U disebut sebagai satu di antara perguruan tinggi yang telah mampu mengharumkan Jawa Barat baik secara nasional dan internasional.

"Terima kasih kepada seluruh sivitas akademika baik mahasiswa, dosen, pegawai dan alumni yang telah bekerja keras dalam mengharumkan nama Tel-U di tengah pandemi ini. Semoga kita selalu diberikan kesehatan agar bisa terus mencetak generasi yang baik untuk bangsa ini," katanya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved