Breaking News:

VIDEO-Selama Ramadan 1442 H, Pawang Ular di Kuningan Tangkap 3 King Kobra di Lingkungan Rumah Warga

Jelang sepakan terakhir di Bulan Ramadan tidak sedikit ular King Kobra dan jenis lainnya kerap ditemui warga di Kuningan

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Teguh Kurnia

TRIBUNJABAR.ID,KUNINGAN – Jelang sepakan terakhir di Bulan Ramadan tidak sedikit ular King Kobra dan jenis lainnya kerap ditemui warga di Kuningan, hingga bikin ancaman kenyamanan warga itu sendiri. 

“Alasan tadi sekaligus pengakuan saya saat usai melakukan rescue ular yang berada di lingkungan pemukiman warga di beda – beda di Kuningan,” ungkap Rinto alias Rentul saat usai melakukan penangkapan King Kobra di Desa Karangtawang, Kuningan Jawa Barat, Senin (3/5/2021).

Sebelumnya, kata Rentul mengaku bahwa tindakan rescue terhadap hewan reptil berbahaya seperti ini.  Berawal dari kabar temannya masuk memberitahu lewat telepon.

“Tidak lama dari penerimaan telpon teman yang menyebut ada King Kobra, saya langsung bergegas ke TKP sini,” ungkap Rentul usai lakukan penangkapan King Kobra tadi.

Rentul menduka, bahwa King kobra yang berada di garasi rumah warga yang tidak jauh dari musola di desa setempat. Itu berawal dari lokasi saluran air di lingkungan sekitar. 

“Iya saya kira ini King Kobra dari saluran irigasi di bawah pemukiman. Kemudian King kobra naik darat dan bersembunyi di garasi mobil warga sini,” ungkapnya.

Awal diketahui bisanya ada King Kobra, Rentul menuturkan bahwa tadi saat menerima telepon dari teman ang juga warga setempat.

“Teman saya lihat ada ular naik dari saluran irigasi dan mengendap di bawah mobil terparkir di garasi rumah warga,” ujarnya.

Tidak menunggu lama, kata Rentul mengaku usaha rescue King Kobra sempat menjadi tontonan warga dan kalangan anak – anak di lingkungan tersebut. 

“Ya kami tadi langsung tangkap dan amankan King Kobra.  Sebab kondisi lingkungan malah rame menjadi tononton dan sedikit dari saya, tadi kepada beberapa warga dan kalangan anak – anak memberikan arahan untuk lebih baik menghindar atau melaporkan ke saya atau Kantor Damkar, saat ketemu ular seperti kaya begini,” ungkapnya.  

Usai mengamankan King Kobra tadi, Rentul menambah bahwa selama Bulan Puasa tahun sekarang itu jumlah penangkapan ular berbeda jenis itu lebih satu. 



“Untuk Jumlah King Kobra ada tiga ekor dan dua lainnya, ada ular Jenis Welang dan Welang. Keduanya tadi berhasil di amankan di komplek perumahan,” ujarnya.

Untuk bobot King Kobra hasil penangkapan tadi, kata Rentul mengaku bahwa King Kobra ini memiliki kurang dari 5 Kg dan memiliki panjang tidak lebih dari 3 meter.

“Ya untuk bobot tidak ada lima kilo ah, dan untuk panjang paling juga dua setengah meter ya,” ungkapnya. (*)

Penulis: Ahmad Ripai
Video Editor: Edwin Tk

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved