Breaking News:

Terminal Ciamis Tetap Buka Seperti Biasa di Tengah Larangan Mudik Lebaran, Ini Penyebabnya

Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun bus antarkota dalam provinsi (AKDP) hampir dipastikan tidak akan beroperasi mulai Kamis (6/5) sampai Senin.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Giri
Istimewa
Petugas mengecek kelengkapan surat bus yang masuk Terminal Ciamis, Jumat (25/9/2020). Terminal Ciamis tetap beroperasi seperti biasa meski ada larangan mudil Lebaran. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) maupun bus antarkota dalam provinsi (AKDP) hampir dipastikan tidak akan beroperasi mulai Kamis (6/5) sampai Senin (17/5).

Hal itu karena pemerintah telah memberlakukan aturan larangan mudik Lebaran untuk menekan penularan Covid-19.

Meskipun demikian Terminal Ciamis tetap beroperasi seperti biasa. Tetap melayani angkutan umum.

“Terminal tidak tutup, layanan tetap berjalan seperti biasa. Terutama untuk layanan angkutan umum lokal Ciamis,” ujar Sekretaris Dishub Ciamis, Ahmad Yani, kepada Tribun, Rabu (5/5).

Meski ada larangan mudik, angkutan umum lokal yang tetap beroperasi di antaranya angkot, angdes, maupun angkutan umum Carry dan Elf.

“Sementara untuk bus AKAP dan AKDP menyesuaikan. Kalau tidak ada yang beroperasi, apa yang mau dilayani,” katanya.

Baca juga: ASN Harus Tahu, Ini Sanksi yang Akan Diterima Kalau Nekat Cuti dan Mudik Lebaran

Menurut Yani, berkemungkinan masih ada bus AKAP maupun AKDP yang beroperasi selama larangan mudik yakni bus yang ada pengecualian.

“Yakni bus yang mendapat dispensasi. Misalnya angkutan umum atau bus yang  digunakan unuk kepentingan khusus yang dibolehkan,” ungkap Ahmad Yani.

Dalam kondisi normal sebelum masa pandemi, menurut Ahmad Yani, ada 70 bus AKAP dan 30 bus AKDP yang tiap hari masuk atau melintas di Terminal Ciamis.

Sementara selama setahun masa pandemi ini jumlah bus AKAP dan AKDP yang masuk Terminal Ciamis hanya 50 persen, atau setengah dari kondisi normal.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved