Breaking News:

Ngabuburit, Bupati Subang Ruhimat Bantu Jual Produk UMKM Secara Online di YouTube

Bupati Subang, Ruhimat, mengisi waktu menjelang berbuka puasa dengan membantu memulihkan UMKM yang terimbas pandemi Covid-19.

Tribun Jabar/Irvan Maulana
Bupati Subangm Ruhimat (ketiga dari kiri) sedang berjualan produk UMKM lokal via online di Studio Subang Jawara, Selasa (4/5/2021). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id, Irvan Maulana

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Bupati Subang, Ruhimat, mengisi waktu menjelang berbuka puasa dengan membantu memulihkan UMKM yang terimbas pandemi Covid-19.

Dia meluangkan waktu berjualan lewat YouTube. Selain menjelang berbuka, dia juga melakukan hal yang sama setelah salat Tarawih.

Kegiatan penjualan online produk-produk UMKM asli Subag tersebut diinisiasi oleh Dinas Koperasi, UMKM Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Kabupaten Subang.

"Ini merupakan langkah baik bagi industri kreatif di Subang. Kami juga kolaborasi dengan Bank BJB untuk pembayaran online. Sekarang kita harus mengikuti perkembangan zaman, begitu pula dengan jual-beli," papar Ruhimat ketika diwawancara di Studio Subang Jawara, Selasa (4/5/2021).

Satu di antara produk yang ia tawarkan adalah abon ikan tengkek yang merupakan produk UMKM berkualitas yang berasal dari Blanakan, Kabupaten Subang.

Ruhimat yang saat itu didampingi sang istri menjelaskan, saat ini ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Subang adalah istrinya. Dekranasda merupakan organisasi nirlaba yang menghimpun pencinta dan peminat seni untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha.

Selain itu berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnis yang sebagian merupakan kelompok usaha kecil dan menengah (UKM).

Ketua Dekranasda Kabupaten Subang, Yoyoh Sopiah Ruhimat, juga ikut mempromosikan produk UMKM asli Subang.

Satu yang ia promosikan adalah beras organik.

“Ini adalah beras organik dari Pringkasap yang ditanam petani milenial hingga kini industri ini sudah memberdayakan masyarakat hingga ratusan orang dari 10 hektare yang ditanami beras organik," papar Yoyoh.

Ruhimat kemudian mengimbau agar seluruh pejabat di Subang, baik di tingkat kecamatan maupun desa/kelurahan bisa bijak dalam berbelanja.

"Salah satu cara bijak dalam berbelanja adalah, membeli produk lokal, karena dengan begini kita bisa membantu mereka serta ikut mengembangkan industri UMKM lokal," ucapnya. (*)

Penulis: Irvan Maulana
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved