Breaking News:

Keluar Kota Menggunakan Kendaraan Bermotor Harus Penuhi Persyaratan Ini, Berlaku Mulai 6 Mei 2021

Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke laur kota harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu terlebih dahulu.

Istimewa/Polres Garut
Satu di antara titik penyekatan di Kabupaten Garut. Di Garut, untuk meminimalisasi pemudik yang masuk, ada 12 titik penyekatan yang memeriksa kendaraan yang melintas. 

TRIBUNJABAR.ID - Untuk menekan penyebaran virus corona, pemerintah menerapkan larangan mudik untuk lebaran tahun ini.

Larangan mudik lebaran tersebut diterapkan mulai 6-17 Mei 2021.

Aturan tersebut tertuang dalam urat Edaran Kepala Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idulfitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Larangan mudik tersebut berimbas pada banyaknya penyekatan di perbatasan-perbatasan kota/kabupaten.

Meski begitu, aktivitas perjalanan ke luar kota masih diperbolehkan bagi masyarakat yang mempunyai kepentingan-kepentingan tertentu.

Namun, masyarakat yang ingin melakukan perjalanan ke laur kota harus memenuhi beberapa persyaratan tertentu terlebih dahulu.

Dilansir dari Kompas.com, hal ini tertuang dalam peraturan yang sama, di mana berlaku bagi semua kendaraan bermotor umum dengan jenis mobil bus dan penumpang (via transportasi darat), serta kereta api.

Baca juga: Ini Sanksi yang Diterapkan Bagi Warga yang Nekat Mudik, Berlaku Mulai 6 Mei 2021

Orang-orang yang mendapatkan pengecualian saat lebaran nanti ialah yang berkerja atau melakukan perjalanan dinas dengan dilengkapi surat tugas, kunjungan keluarga sakit, kunjungan duka anggota keluarga, ibu hamil, orang dengan kepentingan melahirkan, dan pelayanan kesehatan.

Adapun syaratnya, sebagai berikut;

- Untuk pengguna transportasi kereta api wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR/rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan atau tes GeNose di stasiun C19 sebelum keberangkatan.

Halaman
12
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved