Breaking News:

Berlaku 2 Hari Lagi, Catat Aturan Larangan Mudik 2021 yang Perlu Diingat, Ada Aturan Tambahan

Dua hari lagi aturan larangan mudik diberlakukan dan masyarakat harus mencermati aturan tersebut terutama bagi yang ingin bepergian

Editor: Siti Fatimah
Tribunnews.com/Lusius Genik
ilustrasi Suasana di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Minggu (2/5/2021). Dua hari lagi aturan larangan mudik diberlakukan dan masyarakat harus mencermati aturan tersebut terutama bagi yang ingin bepergian 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tidak terasa sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri 1442 H dan aturan larangan mudik akan berlaku 2 hari lagi. Pemerintah resmi menerapkan aturan larangan mudik mulai 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

Aturan tegas adanya larangan mudik ini tertuang dalam surat edaran  Kepala Satgas Penanganan Covid-19  No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6 - 17 Mei 2021. 

Disebutkan larangan mudik ini sebagi upaya melindungi masyarakat dari penularan virus Covid-19.

Larangan mudik ini berlaku untuk semua moda transportasi mulai dari transportasi darat, laut dan udara.  

Baca juga: Masih Ada Bus AKAP yang Diijinkan Beroperasi Selama Larangan Mudik 2021, Ada Stiker Khususnya

"Berdasarkan fakta yang ada, pemerintah mencoba belajar dari pengalaman dan berusaha merancang kebijakan dengan prinsip utama keselamatan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu ditetapkan adanya peniadaan mobilitas mudik sementara yang berlaku dari tanggal 6 - 17 Mei 2021," jelas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam siaran pers yang diterima Kontan, Kamis (8/4/2021).

Inilah sejumlah aturan yang perlu dicermati dari SE larangan mudik tersebut:

- Pengecualian kebijakan pelarangan mudik
 

Dalam aturan terbaru ini, terdapat pengecualian dalam kebijakan pelarangan mudik ini.

Yaitu layanan distribusi logistik, perjalanan dinas, kunjungan sakit/duka, dan pelayanan ibu hamil dengan pendamping maksimal 1 orang dan pelayanan ibu bersalin dengan pendamping maksimal 2 orang. 

Meski demikian terdapat prasyarat dalam pengecualian ini, yaitu:

Halaman
1234
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved