Breaking News:

Bantah Terbaring Sakit, Mantan Komandan KRI Nanggala 402: Saya Bisa Beraktivitas Meski Terbatas

Melalui pernyataan itu, Iwa Kartiwa membantah pemberitaan bahwa ia sakit hingga tak bisa berbicara karena bertugas di KRI Nanggala-402.

Kompas.com/IRFAN KAMIL
Mantan Dansatsel Koarmada II Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa dalam konferensi pers di RS AL Mintoharjo Jakarta, Selasa (4/5/2021). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Mantan Komandan KRI Nanggala-402, Kolonel Laut (P) Iwa Kartiwa, menyatakan masih bisa beraktivitas meskipun terbatas.

Bahkan, mantan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II itu masih berangkat dari Tasikmalaya ke Jakarta memakai kendaraan pribadi.

Melalui pernyataan itu, Iwa Kartiwa membantah pemberitaan bahwa ia sakit hingga tak bisa berbicara karena bertugas di KRI Nanggala-402.

“Ada pernyataan tentang kondisi saya yang terbaring sakit tidak bisa berbicara, hanya bisa di tempat tidur. Saya sampaikan pada media, saya seperti ini. Kalau dikatakan sakit, saya masih bisa beraktivitas, biar pun terbatas,” kata Iwa Kartiwa dalam konferensi pers di RS AL Mintoharjo, Jakarta Pusat, Selasa (4/5/2021).

Mantan Komandan KRI Nanggala-402 ini mengatakan masih mampu berangkat dari tempat tinggalnya di Tasikmalaya, Jawa Barat, ke Jakarta menggunakan mobil pribadi.

“Saya berangkat dari Tasikmalaya pakai kendaraan sendiri ke Jakarta, bukan atas perintah pimpinan,” ucap Iwa Kartiwa. Ia juga mengklarifikasi pemberitaan terkait dirinya yang terpapar radiasi serbuk besi kapal selam karena bekerja selama puluhan tahun.

Baca juga: Mantan Komandan KRI Nanggala-402 Batuk Berdarah, Sering Merenung Bayangkan Awak Kapal yang Tenggelam

Ia mengatakan, sejak berpangkat letnan satu hingga sekarang, masih sehat. Bahkan, jika masih bisa berdinas, Iwa menyatakan masih ingin bertugas di kapal selam. “Kalau masih ada waktu, saya mau berdinas di kapal selam, karena kami mencintai satuan kami,” katanya.

Ia pun mengatakan bahwa kapal selam didesain oleh orang-orang ahli yang diperuntukkan membawa personel ke kedalaman laut.

“Jadi Insyaallah di kedalaman berapa pun sesuai spesifikasinya kita aman. Kondisi saya saat ini memang sedang perawatan tapi bukan karena dinas di kapal selam,” kata Iwa Kartiwa.

Sebelumnya diberitakan, Iwa Kartiwa mengalami sakit berdasarkan cerita dari mantan Kapolda Jawa Barat Irjen (Purn) Anton Charliyan, kakak kandungnya.

Sesepuh Sunda, Irjan Pol (Purn) Anton Charliyan, saat mengunjungi kawasan budaya Sukapura, Tasikmalaya.
Irjan Pol (Purn) Anton Charliyan, saat mengunjungi kawasan budaya Sukapura, Tasikmalaya. (Tribun Jabar/Firman Suryaman)
Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved