Breaking News:

Pendidikan

Universitas Pasundan Targetkan Bangun Tiga Masjid dan Satu Rumah Sakit Pendidikan Tahun Ini

Universitas Pasundan terus berbenah guna menjadi kampus terkemuka dan mampu mencetak sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kecerdasan akademik

Tribun Jabar
Walikota Bandung, Oded M Danial, bersama Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan sekaligus Direktur Pascasarjana Unpas Prof HM Didi Turmudzi, Rektor Unpas Prof. Eddy Jusuf, serta jajaran pimpinan Unpas lainnya melihat kondisi Masjid Ulul Ilmi di Kampus Unpas Tamansari Sari setelah peresmian, Senin (3/5/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Universitas Pasundan (Unpas) terus berbenah guna menjadi kampus terkemuka dan mampu mencetak sumber daya manusia yang tidak hanya memiliki kecerdasan akademik, tapi juga emosional dan spiritual.

Upaya ini pun diwujudkan dengan mendirikan tiga buah masjid dan satu rumah sakit pendidikan di lingkungan Unpas.

Salah satunya Masjid Ulul Ilmi yang berlokasi di Kampus Unpas Tamansari dan baru saja diresmikan oleh Walikota Bandung, Oded M Danial, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan hingga Rektor Unpas Disuntik Vaksin Covid-19

Baca juga: FISIP Unpas Salurkan Ratusan Paket Sembako dan Obat-obatan bagi Warga Terdampak Banjir Subang

Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan sekaligus Direktur Pascasarjana Unpas, Prof HM Didi Turmudzi, mengatakan, Masjid Ulul Ilmi ini menjadi masjid kedua yang dimiliki Unpas, dan baru diresmikan.

Sebelumnya, Unpas hanya memiliki satu masjid sendiri, yaitu Masjid Ulul Albab di Kampus Unpas Setiabudi.

"Setelah peresmian Masjid Ulul Ilmi ini, ke depan kami juga rencanakan akan membangun masjid ketiga di Kampus Unpas Lengkong, yaitu Ulil Abshor, setelah tersedianya kesiapan lahan lokasi pembangunan," ujarnya saat ditemui di Kampus Unpas Tamansari, Senin (3/5/2021).

Prof Didi menuturkan, setelah selesai rencana pembangunan masjid, selanjutnya pihaknya akan segera menyelesaikan rumah sakit pendidikan Pasundan yang berlokasi di Jalan Panata Yuda, Kota Bandung.

Bulan Juni atau Juli ditargetkan untuk segera di resmikan.

Suasana kegiatan kuliah umum bertajuk 'Strategi Komunikasi Publik dalam Penyampaian Informasi Kesehatan Masyarakat di masa Pandemi Covid-19' yang yang diselenggarakan di Laboratorium TV Kampus FISIP Unpas, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Minggu (28/2/2021)
Suasana kegiatan kuliah umum bertajuk 'Strategi Komunikasi Publik dalam Penyampaian Informasi Kesehatan Masyarakat di masa Pandemi Covid-19' yang yang diselenggarakan di Laboratorium TV Kampus FISIP Unpas, Jalan Lengkong, Kota Bandung, Minggu (28/2/2021) (Tribun Jabar/ Cipta Permana)

"Ini merupakan program kami yang telah disusun dalam rangka menjaga nilai keislaman yang sesuai dengan salah satu dari tiga visi Paguyuban Pasundan, yakni pengkuh agamana."

"Selain itu, karena masjid merupakan pusat peradaban dunia, kami akan mendorong para mahasiswa agar berkesempatan memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan positif, serta menjadi bagian dari DKM ini," ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unpas Prof Eddy Jusuf menambahkan, dengan telah diresmikankannya masjid Ulul Ilmi di Kampus Unpas Tamansari, maka pemanfaatannya sudah dapat dilakukan oleh seluruh warga kampus dalam memaksimalkan ibadah, tapi tetap dengan protokol kesehatan yang ketat.

Ia pun berharap, masjid ini bisa menghasilkan manusia yang berakhlak mulia dan berkompetensi sesuai dengan tujuan pendidikan.

"Saya berharap, dengan tampilan dan fasilitas penunjang lainnya yang dimiliki oleh Masjid Ulul Ilmi ini tidak hanya untuk memaksimalkan pelaksanaan kegiatan ibadah, tapi bisa juga menjadi tempat untuk belajar, khususnya kajian terkait agama Islam," katanya (*)

Penulis: Cipta Permana
Editor: Hermawan Aksan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved