Breaking News:

ITB Gratiskan UKT Seleksi Mandiri untuk Mahasiswa Kurang Mampu, Begini Persyaratannya

ITB memberikan keringanan bagi mahasiswa kurang mampu atau pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dari jalur seleksi mandiri

Penulis: Cipta Permana | Editor: Siti Fatimah
Tribunjabar/Rezeqi Hardam Saputro
ilustrasi Aula Barat ITB- Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan keringanan bagi mahasiswa kurang mampu atau pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dari jalur seleksi mandiri, berupa pembebasan biaya pendaftaran dan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT).  

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) memberikan keringanan bagi mahasiswa kurang mampu atau pemilik Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) dari jalur seleksi mandiri, berupa pembebasan biaya pendaftaran dan pembayaran uang kuliah tunggal (UKT)

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Jaka Sembiring mengatakan, untuk memperoleh keringanan biaya pendaftaran tersebut, pendaftar dengan KIP-K atau keluarga kurang mampu setara dengan kriteria syarat KIP-K, dapat 
mengunggah kartu KIP-K atau keterangan tidak mampu dalam kolom unggahan persyaratan pendaftaran.

Dimana, besaran biaya pendaftaran seleksi masuk ITB yang telah ditetapkan, yaitusebesar Rp 200 ribu untuk seluruh prodi selain prodi di FSRD, dan Rp 300 ribu untuk FSRD. 

Baca juga: 10 Kampus Terbaik Indonesia Versi SIR, Tidak Ada Unpad, UIN Bandung Terbaik Kedua, ITB ke Berapa?

Selain biaya pendaftaran, Prof. Jaka menegaskan bahwa ITB juga akan memberikan pembebasan Uang Kuliah Tunggal bagi calon mahasiswa kurang mampu yang lolos seleksi.  

“Pertimbangan prestasi akademik yang tinggi adalah kriteria utama dan satu-satunya dalam proses penerimaan mahasiswa baru di ITB,” ujarnya melalui rilis resmi yang dikeluarkan ITB, Senin (3/5/2021).

Prof. Jaka memaparkan, bahwa jalur Seleksi Mandiri dirancang sebagai skema penerimaan mahasiswa baru program sarjana tanpa subsidi.

Namun demikian pembebasan biaya pendaftaran dan kuliah bagi mahasiswa kurang mampu ini, menunjukkan langkah ITB membuka kesempatan bagi calon mahasiswa tidak mampu secara ekonomi namun berprestasi tinggi.  

Baca juga: Profil Mark, Grand Finalis Indonesian Idol, Si Keren Bersuara Emas, Ternyata Anak ITB Lho

Selain terbukanya kesempatan bagi calon mahasiswa yang kurang mampu, jalur Seleksi Mandiri juga memberikan bentuk keringanan lain pada mahasiswa lain yang lolos seleksi. 

“Dalam hal pembayaran Uang Kuliah Tunggal, ITB memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukannya secara mencicil,” ucapnya.

Prof. Jaka menambahkan, Pada jalur seleksi mandiri ITB tahun ini, calon mahasiswa akan memilih langsung program studi yang diinginkan, kecuali program studi di ITB Kampus Cirebon. Hal ini dalam rangka insentif bagi program studi di ITB Kampus Cirebon.

Lebih lanjut, Prof. Jaka juga memaparkan bahwa seleksi dilakukan berdasarkan nilai UTBK 2021 dan nilai rapor SMA semester 1-6. 

“Khusus FSRD, akan dilakukan ujian gambar yang akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Tribun Jabar, pendaftaran untuk jalur Seleksi Mandiri dimulai pada Senin (3/5/2021) ini dan akan berakhir pada 10 Juni 2021. Informasi lebih lengkap mengenai persyaratan dan prosedur pendaftaran Seleksi Mandiri dapat dilihat pada situs web resmi https://admission.itb.ac.id/home/sarjana/mandiri . 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved