Breaking News:

Punya Masalah Ijazah Ditahan Sekolah? Laporkan Penahanan Ijazah di Aplikasi Milik Disdik Jabar Ini

Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) meluncurkan tiga program inovasi sekaligus di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi. Disdik Jabar meluncurkan aplikasi yang dapat dijadikan masyarakat melaporkan penahanan ijazah. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat (Disdik Jabar) meluncurkan tiga program inovasi sekaligus di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021.

Tiga program ini, yakni Aplikasi Sistem Informasi Lapor Penahanan Ijazah (Silapiz), Pekan Pengambilan Ijazah, dan Jabar Eksis (Ekspose Karya Siswa).

"Tiga program inovasi tersebut adalah upaya kita mendukung Merdeka Belajar yang diluncurkan dalam momentum Hardiknas tahun ini," ujar Kepala Disdik Jabar, Dedi Supandi, dalam peringatan Hardiknas 2021 di Gedung Sate, Bandung, Minggu (2/5/2021).

Kadisdik menjelaskan, aplikasi Silapiz akan memudahkan peserta didik melaporkan penahanan ijazah yang dilakukan oleh satuan pendidikan.

Sebab, bagaimanapun kondisinya, ijazah adalah satu di antara hak anak yang harus dipenuhi.

Sampai saat ini, katanya, sudah 93 persen ijazah terdistribusi.

"Dengan aplikasi ini, kita sudah memiliki data dan akan menyegerakan satuan pendidikan untuk bergerak cepat membagikan ijazah," ujarnya.

Baca juga: Soroti Biaya Pendidikan hingga Kasus Tahan Ijazah, Wagub Jabar Ancam Cabut Izin

Selaras dengan program pertama, lanjut Kadisdik, program kedua adalah Pekan Pengambilan Ijazah yang bertujuan memastikan para siswa mengambil ijazah pada waktunya.

Sebab, tak sedikit siswa yang sudah lulus tapi tidak segera mengambil ijazahnya dengan berbagai alasan. 

Halaman
12
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved