Deklarasi Partai Ummat

Deklarasi Partai Ummat, Zulkifli Hasan Harus Bergerak Cepat Amankan Para Kader Tetap Bertahan di PAN

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah Putra, mengatakan, peluang Partai Ummat untuk dapat terus besar di Jabar terbuka lebar.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Hermawan Aksan
KOMPAS.com/ HARYANTI PUSPA SARI
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyampaikan pidato di pembukaan Kongres V PAN di Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (10/2/2020). Zulkifli Hasan harus bergerak cepat mengamankan para kader dan meyakinkan para tokoh berpengaruh untuk tetap bertahan di PAN. 

Laporan wartawan Tribun Jabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Partai Ummat terus bergerak cepat guna mengesahkan dirinya sebagai salah satu kekuatan yang diperhitungkan guna meramaikan pesta demokrasi Pemilu 2024.

Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah pembentukan struktur pengurus partai di tingkat DPW Ummat Provinsi Jawa Barat pada pekan depan.

Menanggapi hal itu, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah Putra, mengatakan, peluang Partai Ummat untuk dapat terus besar di Jabar terbuka lebar.

Baca juga: WAWANCARA EKSKLUSIF Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi, Ketum Partai Termuda

Baca juga: Agung Mozin: Migrasi ke Partai Ummat Berasal dari PAN, Gerindra, PBB, dan Golkar

Terlebih, Provinsi Jawa Barat merupakan wilayah ceruk pemilih opisisi sehingga memungkinkan Amien Rais memperoleh momentumnya dan berpeluang mengarahkan pengaruhnya untuk mendulang elektabilitas Partai Ummat di masyarakat Jawa Barat.

"Provinsi Jawa Barat ini adalah ceruk pemilih sehingga bisa saja seiring berjalannya waktu, dan kerja keras dari seluruh komponen, Partai Ummat ini menjadi salah satu kekuatan baru yang diperhitungkan untuk mampu merebut hati masyarakat Jawa Barat," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Minggu (2/5/2021).

"Apalagi ketokohan Amien Rais selama di PAN kini pindah ke Partai Ummat, dapat berdampak ikut berpalingnya para calon pemilih PAN ke Partai Ummat, terutama bila Zulkifli Hasan sebagai Ketum PAN tidak segera bergerak cepat untuk melakukan upaya 'pengamanan' kader hingga ke tingkat bawah."

Untuk itu, lanjutnya, yang harus dilakukan oleh PAN adalah penguatan loyalitas kader dan konsolidasi yang harus diselenggarakan sesegera mungkin.

Tentunya, sebagai Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan tidak hanya dapat berdiam diri dan berharap situasi segera mereda, di saat Amien Rais terus bergerilya membesarkan Partai Ummat saat ini.

"Penguatan loyalitas kader dan konsolidasi menjadi kunci utama yang harus segera dilakukan PAN bila tidak ingin terus tergerus dengan situasi."

"Selain itu, PAN juga harus mampu mempertahankan para tokoh-tokoh senior partai, terutama mereka yang memiliki pengaruh kuat dalam kaderisasi, untuk tetap loyal berada di PAN," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved