Breaking News:

Sebelum Aksi Buruh, Peserta Ikut Rapid Antigen demi Mematuhi Protokol Kesehatan

"Aksi buruh digelar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, pakai masker, peserta aksi wajib rapid antigen

Tribun Jabar
Sejumlah buruh dari KASBI menggunakan alat pelindung diri (APD) saat menggelar aksi di depan Gedung Sate, Sabtu (1/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG- Aksi buruh dalam memperingati Hari Buruh atau May Day 2021 dilakukan serentak di seluruh Kota-Kabupaten di Jawa Barat dengan jumlah masa terbatas dan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Demikian dikatakan Ketua Konfe‎derasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jawa Barat, Roy Jinto, saat ditemui di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (1/5/2021). 

"Aksi digelar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan menjaga jarak, pakai masker, peserta aksi wajib rapid antigen satu hari sebelum aksi," ujar Roy Jinto

KSPSI Jabar pun, kata dia, membatasi peserta aksi hanya 100 orang guna menghindari risiko penularan Covid-19 dan meminimalisasi adanya penyebaran virus korona di lingkungan buruh. 

"Kami sangat memahami kondisi saat ini masih pandemi Covid-19, makanya KSPSI tak mengerakkan massa buruh yang besar," katanya. 

Baca juga: Massa Aksi Pakai APD Saat Unjuk Rasa, yang Tak Patuh Protokol Kesehatan Diminta Pulang

Dalam aksi buruh kali ini, ada beberapa tuntutan yang disampaikan oleh buruh mulai dari permintaan agar Mahkamah Konstitusi membatalkan Omnibus Law UU Cipta Kerja hingga tuntutan agar THR 2021 dibayarkan secara full.

"Kami juga minta tetapkan UMSK  (Upah Minimum Sektoral Kabupaten/Kota) Tahun 2021, usut tuntas dugaan korupsi Dana Jamsostek, dan tindak pengusaha-pengusaha nakal yang tidak melaksanakan hak normatif buruh," ucapnya. 

Menurut Roy Jintp, hampir seluruh buruh di Jabar tetap menggelar aksi May Day dengan aturan serupa. Jumlah yang biasanya mencapai ratusan ribu, pada tahun ini dikurangi untuk menjaga lonjakan angka Covid-19.
 

Penulis: Nazmi Abdurrahman
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved