Breaking News:

Guru di Cisolok Sukabumi Punya Semangat untuk Sembuh dari Lumpuh Setelah Divaksin

Susan Antela, guru SMAN 1 Cisolok di Kabupaten Sukabumi tersebut ingin kembali mengajar. Keluarga Susan Antela mengharapkan hal serupa.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/ M Rizal Jalaludin
Seorang guru di SMAN 1 Cisolok bernama Susan Antela (31) alami kebutaan seusai divaksin Covid-19. 

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI- Susan Antela (31), guru honorer lumpuh setelah divaksin Covid-19, memiliki semangat untuk sembuh.

Guru SMAN 1 Cisolok di Kabupaten Sukabumi tersebut ingin kembali mengajar. Keluarga Susan Antela mengharapkan hal serupa.

"Ibu Susan punya semangat untuk sembuh karena dia selalu berujar, 'sebagai guru masih punya cita-cita agar para siswanya terus berkembang'," kata paman Susan Antela, Opi Sulistiwa (43), ketika dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (30/4/2021).

Opi yang juga Kepala Dusun Pasir Talaga itu mengakui dokter yang sudah optimal menangani keponakannya selama dirawat hampir sebulan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung sempat menjelaskan Susan Antela tidak dapat sembuh 100 persen.

Namun, ia berharap semangat guru berusia 31 tahun itu bisa membuat proses penyembuhan berlangsung lebih cepat. "Kami keluarga ingin agar Susan ini cepat sembuh dan kembali sehat," ujar Opi.

Baca juga: Lumpuh Setelah Divaksin, Susan Antela Bikin Guru-guru SMAN 1 Cisolok Sukabumi Sedih

Opi mengatakan keluarga punya keinginan dan berupaya merawat dan mengobati keponakannya secara serius. Biaya pengobatan, ucapnya, sudah ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Hanya, keluarga terbentur dengan pembiayaan seperti untuk perjalanan dan operasional selama di Bandung apalagi sekarang harus kontrol setiap sepekan sekali. Bila harus rawat jalan, tentunya juga harus ada tempat tinggal.

"Belum lagi biaya kehidupannya termasuk untuk yang menunggu selama di Bandung," kata dia.

Menurutnya, sebelum mengabdikan diri sebagai guru honorer, Susan Antela menempuh kuliah di Jurusan Pendidikan Seni Tari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung tahun 2007.

Baca juga: Guru Susan Tak Bisa Lihat dan Jalan Usai Divaksin, Ini yang Dirasakannya Usai Suntik Vaksin

"Sudah sembilan tahun menjadi guru honorer di almamaternya SMAN 1 Cisolok. Kami berharap Ibu Susan bisa diangkat sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja," ujar Opi.

Diberitakan sebelumnya, Susan Antela lumpuh setelah divaksin Covid-19. Warga Dusun Pasir Talaga, Desa Cicadas, Sukabumi, ini mengalami kelumpuhan beberapa menit setelah mendapatkan vaksin dosis kedua.

Susan Antela bersama sejumlah guru lainnya mengikuti vaksinasi di Cisolok pada 31 Maret 2021. (Penulis : Kontributor Sukabumi, Budiyanto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Guru Susan di Sukabumi Lumpuh Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Keluarga: Berharap Kembali Sehat"

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved