Breaking News:

Viral Video Gotong Royong Warga Mengangkat Fondasi Masjid Terapung, Bikin Warganet Haru dan Bangga

Video yang telah ditonton sebanyak 77 ribu di Instagram dan 1,5 juta viewer di Facebook itu pun mendapat berbagai komentar positif dari warganet

Istimewa

PANGKEP,- Video gotong royong ratusan warga desa mengangkat rangka fondasi masjid terapung mendadak heboh alias viral di jagat maya. Video itu diunggah oleh akun Instagram @masjidnusantara pada Selasa (27/4/2021). Aksi gotong royong yang menjadi viral ini terjadi di Desa Kanaungan, Kec. Labakkang, Kab. Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan.

Dalam unggahan video tersebut, ratusan warga tampak kompak bahu membahu mengangkat fondasi masjid terapung dari daratan menuju sungai. Guyuran hujan pun tak mematahkan semangat warga.

Setelah berhasil diangkat menuju pesisir sungai, warga terlihat bahagia dan serentak tepuk tangan. Fondasi rangka masjid terapung itu pun akhirnya ditarik menggunakan puluhan perahu menuju kampung nelayan.

pangkep0105b
pangkep0105b ()

Melalui captionnya @masjidnusantara menuliskan, aksi gotong royong ini dilakukan demi menghadirkan masjid taman surga di kampung nelayan Buttue Pangkep Sulsel. Ratusan warga dan relawan dari beberapa Desa datang berbondong-bondong. Berkumpul untuk mengangkat fondasi masjid terapung yang beratnya mencapai 2 ton.
Menurut Ketua RT Buttue, Pa Pudin, bahwa warganya saling bahu membahu mengangkat rangka fondasi masjid terapung dan menariknya sejauh 200 meter dari daratan menuju pesisir sungai. "Ada ratusan warga yang turun untuk membantu," katanya.

Arsitek Lutfi Maknun Maulana mengatakan pembangunan masjid terapung yang diinisiasi oleh Yayasan Masjid Nusantara ini merupakan yang pertama di Pangkep.
Menurutnya, masjid terapung ini menjadi hal yang baru dan unik. Pasalnya masjid itu akan akan dibuat benar-benar terapung di atas air.

"Bukan perkara yang mudah untuk menghadirkan sesuatu yang berbeda. Kali ini kami diberi kesempatan untuk membangun masjid di kampung nelayan yang notabene kampung tersebut 95 persen perairan," kata Lutfi.

Sementara Direktur Masjid Nusantara, Pras Purworo mengapresiasi semangat warga dan relawan dalam mensukseskan pembangunan masjid terapung ini. Menurutnya, masjid tersebut saat ini sudah dalam tahap penyelesaian dan diharapkan pembangunannya rampung sebelum hari raya Idul Fitri.

pangkep0105c
pangkep0105c (Istimewa)
pangkep0105d
pangkep0105d (Istimewa)

"Terima kasih kepada teman-teman relawan dari Komunitas SiGi yang selalu mendampingi tim kita di lapangan dan tentu kepada para donatur yang ikut bahu membahu menyisihkan hartanya demi menghadirkan masjid di kampung nelayan pangkep ini," pungkas Pras.

Respon Warganet
Video yang telah ditonton sebanyak 77 ribu di Instagram dan 1,5 juta viewer di Facebook itu pun mendapat berbagai komentar positif dari warganet. Sebagian besar dari mereka mengaku terharu dan bangga.

"Ada rasa haru dan bangga di dada ini melihat mesjid d gotong bersama. Semoga kelak di akhirat mesjid ini bs menjadi saksi atas kecintaan kalian kepada rumah ALLAH," tulis akun @widya200320.

"Masya Allah.... merinding lihat nya gk terasa air mata berlinang KEREN MANTAP balas akun @dewirevo.
"Masya Allah min, dd jd terharu," ujar akun @heny_widiastuti.
"Masyallah...bangga dan terharu... NKRI ya begini. Yg merusak ya org2 yg mementingkan dirinya dan kelompoknya," ujar akun @konterndutkarvelo
"Kereeeeeennnnnn sukses selalu Masjid Nusantara," timpal akun @n_yahya.
"Haru rasannya lihat moment kebersamaan ini yg sudah hampir punah, inilah budaya indonesia sesungguhnya kita pegang teguh sampai kelak ini jadi warisan anak cucu kita," kata akun @gitodraon

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved