Breaking News:

Kasus Guru yang Mengalami Gangguan Gerak Setelah Divaksin, Ini Penjelasan KIPI

Komda Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) sedang melakukan investigasi terkait Susan Antela, guru di SMAN 1 yang mengalami pelemahan anggota gerak

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Koordinator Pelayanan Medik Rumah Sakit Umum Pusat Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Zulvayanti, membenarkan bahwa Susan Antela, guru di SMAN 1 Cisolok, Kabupaten Sukabumi, yang mengalami pelemahan anggota gerak setelah mendapat Covid-19, sempat dirawat di RSHS.

"Jadi betul, pasien atas nama Nyonya Susan, 30 tahun, dari Sukabumi, dirawat di RSHS dengan keluhan lemah keempat anggota gerak," katanya melalui siaran digital, Jumat (30/4).

Baca juga: Sosok Susan Antela, Guru yang Lumpuh Setelah Divaksin, Sudah Bisa Bicara Meski Terbata-bata

Zulvayanti mengatakan pasien tersebut masuk tanggal 1 April dan dirawat sampai dengan tanggal 23 April. Kondisi pasien saat pulang sudah dalam keadaan perbaikan. 

"Pasien bahkan sudah datang kembali kontrol ke klinik motorik neurologi Hasan Sadikin. Saat ini pasien dalam masa perbaikan dalam masa penyembuhan," katanya.

Baca juga: Detik-detik Guru di Cisolok Sukabumi Lumpuh Setelah Divaksin, Sesak, Darah Nyembur saat Disuntik

Terkait ada atau tidaknya keterkaitan penyakit tersebut dengan status pasien yang baru mendapat vaksin Covid-19, Zulva mengatakan hal tersebut sedang dalam investigasi Komda Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

"Ini sedang dalam investigasi tim KIPI. Adanya KIPI yang serius pada kasus yang dirawat di Hasan Sadikin, alur pengkajiannya di tingkat Komda KIPI Jabar. Dan saat ini pengkajian sedang berlangsung," katanya.

Baca juga: BERITA POPULER JAWA BARAT Guru Tak Bisa Lihat dan Lumpuh usai Disuntik Vaksin Covid-19

Kajian dari Komda KIPI, katanya, akan dilaporkan ke Komnas KIPI untuk dilakukan pengkajian tahap akhir. 

"Nanti ditentukan apakah kejadian tersebut memang terkait dengan vaksinasi atau tidak," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved