Breaking News:

VIDEO Limbah Medis TPSA Desa Ciniru, Ketua DPRD Kuningan: Limbah Medis Gak Mungkin Ada Tiba - tiba

Zul mengatakan, kasus limbah medis harus benar diselesaikan dengan baik. Sebab limbah medis ini muncul dari lembaga medis baik pemerintah atau swasta.

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGAN - Kasus limbah medis bermula ditemukan di TPSA Desa Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat, yang  memasuki pemeriksaan langsung Mabes Polri, mendapat kawalan Ketua DPRD Kuningan, yakni Nuzul Rachdy. Pasalnya, limbah medis ini merupakan perhatian khusus pemerintah dalam menjaga kesehatan lingkungan. "Ya ini baru benar limbah ya. Jadi begini, kasus limbah medis hingga kini kami belum terima laporan dari Komisi III sebagai mitra kerja dengan Dinas Lingkungan Hidup," ungkapnya Zul sapaan akrab Ketua DPRD Kuningan saat memberikan keterangan kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (28/4/2021).

Zul mengatakan, kasus limbah medis harus benar diselesaikan dengan baik. Sebab limbah medis ini muncul dari lembaga medis baik pemerintah atau swasta. " Iya kan, ini limbah medis gak mungkin ada tiba - tiba. Jelas permasalahan ini harus diselesaikan sehingga masyarakat awam atau pemulung itu tidak terkena dampak limbah medis tersebut," ungkapnya.

Ada penanganan kasus limbah medis yang menjadi sorotan Mabes Polri, kata Zul sangat berterima kasih terhadap pelaksanaan kerja kepolisian. Sebab aturan dalam pengelolaan limbah medis ini jelas ada regulasi dan harus mendapat penanganan pihak ketiga.

"Informasi masuk kasus limbah medis langsung mendapat penanganan Mabes Polri dan untuk teknik kita tunggu tembusan dari teman - teman komisi. Untuk masalah lingkungan memang masuk Komisi III dan untuk kaitan kesehatan itu jelas Komisi IV," ujarnya.

Sebelumnya, buntut limbah medis berserakan di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) di Desa Ciniru, Kecamatan Jalaksana, Kuningan Jawa Barat mendapat tanggapan dari Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kuningan, Wawan Setiawan saat ditemui di kantor setempat, Jalan Mohamad Yamin - Kuningan, Rabu (28/4/2021).



"Soal kasus limbah medis ini sudah menjadi penanganan langsung dari Mabes Polri. Ya, ini bukan lagi soal Polda yang melakukan pengawasan limbah medis ini," ungkap Wawan saat menerangkan kepada awak media tadi.

Adanya limbah medis berserakan, kata Wawan mengklaim bahwa tadi usai dilakukan pemeriksaan di lingkungan TPSA dan hanya ditemukan limbah medis alias masker.

"Barusan laporan dari Inafis Polres Kuningan, temuan limbah medis hanya ada masker saja. Untuk yang disebutkan seperti bekas infusan dan lainnya, kami tidak menemukannya," ujarnya.

Latar belakang terjadinya pembuangan sampah dari masing -masing lembaga medis baik milik pemerintah dan swasta ini sudah masuk dalam program kerjasama. "Iya soal kerjasama dalam penanganan sampah dari masing-masing rumah sakit, kita sudah keluarkan surat edaranya," ujarnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul VIDEO Limbah Medis TPSA Desa Ciniru, Ketua DPRD Kuningan: Limbah Medis Gak Mungkin Ada Tiba - tiba, https://jabar.tribunnews.com/2021/04/29/video-limbah-medis-tpsa-desa-ciniru-ketua-dprd-kuningan-limbah-medis-gak-mungkin-ada-tiba-tiba
Penulis: Ahmad Ripai
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: Ahmad Ripai
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved