Breaking News:

Liga 1 2021 Akan Tetap Berformat Kompetisi Penuh, Namun Ada beberapa Skenario Lain

Liga 1 2021 masih akan dilaksanakan dengan sistem kompetisi penuh. Hal itu dikatakan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Tribun Jabar/Ferdyan Adhy Nugraha
Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Si Jalak Harupat. 

TRIBUNJABAR.ID - Liga 1 2021 masih akan dilaksanakan dengan sistem kompetisi penuh.

Hal itu dikatakan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Meski sistem kompetisi Liga 1 2021 tetap penuh, tapi mekanisme pertandingan yang mungkin sedikit berubah.

Hal itu diungkapkan Mochamad Iriawan di sela-sela mengunjungi seleksi timnas U-16 Indonesia yang digelar di Lapangan D, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (29/4/2021).

Mochamad Iriawan mengatakan, terkait pembahasan format Liga 1 masih dalam diskusi antara PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) karena harus direncanakan dengan matang.

Menurutnya, beberapa pertimbangan juga dilakukan salah satunya soal kemungkinan penerapan bubble seperti di Piala Menpora 2021.

Dengan itu, apabila nantinya Liga 1 2021 menggunakan sistem home-away, maka markas tim akan ditentukan seperti gelaran Piala Menpora 2021.

Tetapi, keputusan format itu nantinya tetap akan dilakukan diskusi terlebih dahulu dengan para manajer tim Liga 1.

Walaupun, sampai saat ini memang ditargetkan tetap memakai sistem kompetisi penuh.

“Sistem kompetisi penuh tapi gelembung. Ini baru wacana yang akan diajukan dan diskusi dengan para manajer klub yang ada. Alangkah baiknya seperti Piala Menpora kemarin, tapi mereka ketemu semua,” ujar Mochamad Iriawan saat ditemui awak media termasuk BolaSport.com di Lapangan D, GBK, Senayan, Kamis (29/4/2021).

Mempertimbangkan kelengkapan sarana dan prasarana yang ada, pihaknya mengaku akan memusatkan pertandingan di Pulau Jawa.

PSSI menyiapkan rencana kompetisi nantinya akan berputar dan dibuat seperti berseri, misalnya dimulai dari Jawa Barat, kemudian Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten.

“Tergantung mereka di mana saja mendapatkan pertandingannya. Ini masukan dari klub-klub juga, clear kan kemarin Piala Menpora bisa ter-cover di mana saja,” ucap pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

“Untuk kondisi stadion di Pulau Jawa juga sudah kami survey yang jelas di Jatim banyak, Jabar lumayan, dan di Jawa Tengah juga,” tuturnya.

Sementara itu, PSSI dan PT LIB pekan ini tengah mematangkan format dan sistem kompetisi Liga 1.

Jika rencana sudah matang, maka PSSI akan segera menyerahkan proposal ke tiga stakeholder yakni Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Satgas Covid-19, dan Kemenkes.

Sehingga, nantinya PSSI bisa segera mendapatkan surat rekomendasi dan PSSI bisa segera mengajukan ke Kepolisian dalam waktu dekat. (*)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Ketum PSSI Jelaskan Format Liga 1 2021, Sistem Kompetisi Penuh Tapi Gelembung, https://www.tribunnews.com/superskor/2021/04/29/ketum-pssi-jelaskan-format-liga-1-2021-sistem-kompetisi-penuh-tapi-gelembung.

Editor: Giri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved