Breaking News:

Erick Thohir: 10 Perusahaan BUMN Bakal Go Public Hingga 2023, Berlikuiditas Besar

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan 10 perusahaan BUMN yang akan go public ini termasuk golongan dengan likuiditas yang besar.

Tribunnews
Menteri BUMN Erick Thohir 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Sepuluh Usaha Milik Negara ( BUMN ) bakal melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau go public hingga 2023.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengatakan 10 perusahaan BUMN yang akan go public ini termasuk golongan dengan likuiditas yang besar.

Hanya, Erick Thohir tidak merinci perusahaan BUMN yang ia maksudkan.

"Karena itu Pak In (Dirut BEI), tantangannya sampai 2023, minimum sepuluh BUMN akan kita go public dan market-nya sangat besar," ujarnya dalam sambutan peluncuran IDX-MES BUMN 17 yang ditayangkan secara virtual, Kamis (29/4/2021).

Selain itu, Erick Thohir juga menyebut bahwa dalam satu dekade terakhir, BUMN telah menjadi penyumbang terbesar terhadap negara. Angkanya kontribusinya pun mencapai Rp 3.820 triliun.

"Alhamdulillah dalam sepuluh tahun terakhir sudah memberikan kontribusi luar biasa kepada negara Rp 3.820 triliun dari pajak, dividen maupun PNBP. Apakah kita puas? Tentu tidak," ucap Erick Thohir.

Baca juga: VIDEO-Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Istora Senayan Catat Rekor Jumlah Warga Tervaksin

Baca juga: Dirut Pos Indonesia Raih CEO BUMN Terbaik Driving Transformation 2021

Erick sempat menyinggung dibutuhkan keselarasan visi dari para direksi BUMN. Ia berpendapat, BUMN masih menjadi tumpuan utama negara untuk mendorong perekonomian Indonesia, selain pendapatan negara dari investasi.

"Tentu ini tidak mungkin berhasil kalau para direksi BUMN tidak punya visi yang sama, bagaimana kita ingin menjaga transformasi supaya BUMN menjadi salah satu backbone dari pertumbuhan ekonomi Indonesia selain investasi yang diharapkan secara menyeluruh," katanya.

Sebelumnya, Erick Thohir mengungkap rencana 12 perusahaan pelat merah untuk melantai (listing) di BEI. Rencananya, perusahaan-perusahaan ini melakukan pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) dalam tiga tahun ke depan dari 2021-2023.

Ke-12 perusahaan itu terdiri dari anak hingga cucu perusahaan BUMN. Erick mengatakan, proses listing termasuk dalam transformasi perusahaan BUMN agar lebih transparan dan memiliki tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance). 

Penulis : Ade Miranti Karunia

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Sebut 10 BUMN Bakal Go Public hingga 2023"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved