Breaking News:

Jadi Primadona Investasi, Jawa Barat Raih Realisasi Tertinggi di Indonesia, Ini Kata Ridwan Kamil

Provinsi Jawa Barat tetap menjadi primadona investasi dan dibuktikan dengan pencapaian realisasi investasi tertinggi di Indonesia

Tribun Cirebon/ Eki Yulianto
ilustrasi - Kondisi pembangunan akses Bandara Kertajati di Tol Cipali 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Provinsi Jawa Barat tetap menjadi primadona investasi bagi berbagai perusahaan di masa pemulihan ekonomi terdampak pandemi Covid-19, pada periode Triwulan I 2021.

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI pun mencatat arus investasi ke Jawa Barat masih menduduki peringkat pertama untuk penanaman modal dalam negeri (PMDN) dan penanaman modal asing (PMA).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Barat Noneng Komara mengatakan dari total investasi nasional selama triwulan I 2021 yang mencapai Rp 219,7 triliun, yakni dengan PMA Rp 111,7 triliun dan PMDN Rp 108,0 triliun, Jawa Barat unggul di dua sektor investasi tersebut.

Baca juga: VIDEO Fakta Kebakaran Rumah Makan Padang di Cihanjuang Cimahi, Akibat Gas Bocor Kerugian Rp 500 Juta

“Jawa Barat menyumbang 16,9 persen dari total investasi yang masuk selama triwulan I 2021, rinciannya PMA 1,4 miliar USD dan PMDN Rp 16,0 triliun,” kata Noneng Komara di Bandung, Selasa (27/4).

BKPM RI, katanya, menyatakan berdasarkan Wilayah pada periode Triwulan I 2021, realisasi PMDN dan PMA tertinggi ada di Wilayah Jawa.

Realisasi PMDN terbesar berikutnya berada di Wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan Nusa Tenggara, serta Maluku dan Papua. 

"Sedangkan PMA terbesar berikutnya berada di Wilayah Sumatera, Sulawesi, Maluku dan Papua, Kalimantan, serta Bali dan Nusa Tenggara. Sejak 2018 dari tren lokasi penanaman modal, Jawa Barat terus menempati urutan pertama dibanding provinsi lain,” tuturnya.

Baca juga: Calon Kades di Indramayu Ini Bernazar Akan Hibahkan Mobil Pribadinya Untuk Masyarakat Jika Terpilih

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sendiri menilai Jawa Barat masih terus menjadi primadona investasi karena ditopang iklim investasi yang sudah lebih siap.

Dari sisi infrastruktur maupun sokongan sumber daya manusia (SDM).

Ridwan Kamil mengatakan kebijakan terkait investasi yang ia lahirkan dilandasi pemikiran bahwa seorang pemimpin harus berani mengambil keputusan agar melahirkan trust dari investor.

Menurutnya, ekonomi hanya akan tumbuh kalau investasi masuk, ekspor tinggi, daya beli naik dan pemerintah baik.

“Nah saya menyakinkan bahwa Jawa Barat adalah tempat terbaik untuk investasi dengan alasan satu infrastruktur. Kedua sumber daya manusianya paling produktif se-Indonesia,” ujarnya.

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved