Breaking News:

Kepala BIN Papua Gugur Dalam Baku Tembak dengan Anggota KKB Papua

Kabar duka datang dari Papua. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua, Brigadir Jenderal TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur.

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Istimewa
Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Kabinda) Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya 

TRIBUNJABAR.ID- Kabar duka datang dari Papua. Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua, Brigadir Jenderal TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya gugur.

Satu di antara putra terbaik asal Bali, I Gusti Putu Danny, gugur dalam baku tembak dengan anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, Minggu (25/4/2021) sore.

Tim gabungan TNI dan Polri sudah ada di lokasi untuk mengamankan situasi. Jenazah I Gusti Putu Danny akan dievakuasi ke Timika.

Baku tembak antara rombongan I Gusti Putu Danny dan anggota KKB terjadi saat rombongan TNI itu meninjau sebuah gereja di Kampung Dambet, Beoga, Papua.

Gereja itu terletak di lokasi pembakaran yang dilakukan KKB di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Aksi pembakaran di Beoga berlangsung dua pekan lalu.

Anggota KKB, yang terlibat baku tembak dengan rombongan Brigjen TNII Gusti Putu Danny, diduga berasal dari kelompok Joni Botak.

Pangdam XVIII Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono
Pangdam XVIII Cenderawasih, Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono (Kompas TV)

Baca juga: Ada Layanan Sidora, Kini Donor Darah di Kabupaten Sumedang Bisa Dilakukan di Rumah

Baca juga: HASIL AKHIR Persib Bandung 1-2 Persija Jakarta, Macan Kemayoran Juara, Maung Bandung Runner Up

Panglima Kodam XVII/Cenderawasih, Mayjen Ignatius Yogo Triyono, membenarkan adanya kejadian tersebut.

“Betul, gugur," ujar Yogo, saat dihubungi Kompas.com, Minggu.

Menurut dia, saat ini jenazah masih belum dapat dievakuasi.

"Jenazah masih di Beoga, ini masih kami monitor terus, rencana besok dievakuasi," kata dia.

Ignatius mengaku, belum mendapat informasi lengkap mengenai kronologis kejadian. Jaringan komunikasi yang masih sangat minim membuat akses informasi dari Beoga sulit didapat.

"Kejadiam sekitar 15.30 WIT, kami belum tahu (kejadian seperti apa) karena komunikasi masih terputus-putus, saya masih terima informasi awal. Kami masih dalami karena komunikasi yang susah antara Beoga dengan Ilaga, Ilaga dengan sini (Jayapura)," kata Ignatius.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Ahmad Riad, mengatakan belum mendapatkan informasi tentang penembakan Kabinda Papua, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Nugraha Karya, di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya.

"Saya belum dapat info, masih tunggu konfirmasi," kata Ahmad Riad saat dikonfirmasi, Minggu (25/4/2021).(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun Timur dengan judul Sebelum Ditembak Mati, Kepala BIN Papua Sempat Baku Tembak dengan KKB Papua

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved