Breaking News:

PMI Ciamis, KPJ, dan Komunitas Anak Punk Gelar Donor Darah Saat Warga Ramai Ngabuburit

Aksi sosial donor darah tersebut dilaksanakan di Alun-Alun Ciamis, di antara ramainya warga yang ngabuburit.

Tribun Jabar/Andri M Dani
Donor darah – PMI Ciamis bekerja sama dengan Kelompok Pemusik Jalanan dan Punk Ciamis serta BNN menggelar donor darah di Alun-Alun Ciamis, Sabtu (24/4) sore. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS- Selama bulan puasa, stok darah di PMI Ciamis, sedangkan kebutuhan tetap banyak.

Karena itu, PMI Ciamis bekerja sama dengan Kelompok Pemusik Jalanan (KPJ), serta komunitas Punk Ciamis dan BNNK Ciamis menggelar donor darah,  Sabtu (24/4/2021) sore.

Aksi sosial donor darah tersebut dilaksanakan di Alun-Alun Ciamis, di antara ramainya warga yang ngabuburit.

Anak-anak punk dan kelompok pemusik jalan berkeliling pusat keramaian Kota Galendo tersebut untuk berbagi takjil berupa air mineral dan vitamin bagi warga yang ngabuburit serta mengajak warga untuk donor darah.

Mereka juga mengingatkan warga untuk rutin minum vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi Covid-19.

Selepas Asar sampai menjelang Magrib, ada 12 warga yang layak dan memenuhi syarat  donor darah.

Donor Darah – Kelompok Pemusik Jalanan dan Punk Ciamis membagi-bagikan takjil gratis dan mengajak warga untuk donor darah di di Alun-Alun Ciamis, Sabtu (24/4) sore.
Donor Darah – Kelompok Pemusik Jalanan dan Punk Ciamis membagi-bagikan takjil gratis dan mengajak warga untuk donor darah di di Alun-Alun Ciamis, Sabtu (24/4) sore. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Baca juga: Tipu Guru Honorer Bisa Bantu Jadi PNS, Suami Istri di Garut Dibantu Oknum Kabid

Baca juga: Menjelang Bulan Puasa, PMI Ciamis Kebut Kegiatan Donor Darah, Kerap Kekurangan Darah

Satu pendonor di antaranya adalah Putri Ulfi (20). Mahasiswi FT Unigal itu sebenarnya sudah tiga kali ingin mendonorkan darahnya. “Selalu gagal karena tensinya tinggi, mungkin karena begadang malamnya. Alhamdulillah, hari ini memenuhi syarat. Ini untuk pertama kali saya ikut donor darah,” ujar Putri kepada Tribun Jabar.

Menurut Putri, kemarin, ia dengan sejumlah mahasiswa lainnya sedang ada kegiatan di Alun-alun Ciamis. Di lokasi lain masih di Alun-Alun Ciamis ada kegiatan donor.

“Jadi suatu kebetulan, dari dulu saya memang ingin untuk donor darah. Baru terkabul sekarang. Mudah-mudahan bermanfaat, berbagi darah di bulan puasa,” katanya.

Menurut dr Andi Bastian dari kegiatan aksi donor darah di alam terbuka di Alun-Alun Ciamis Sabtu (24/4) sore tersebut,  ada 12 labu darah yang didapat. “Alhamdulillah sore ini ada tambahan stok 12 labu darah,” ujar dr Andi Bastian.

Sampat menjelang Asar,,stok darah yang tersedia di UTD PMI Ciamis hanya 58 labu. Semuanya sudah dipesan, sebagian besar untuk penderita thalasemia.

Ke-58 labu darah stok UTD PMI Ciamis tersebut terdiri dari 25 labu darah golongan O, 12 labu golongan A, 14 labu golongan darah B, dan 7 labu golongan darah AB.

“Kami siap bekerja sama dengan komunitas mana pun untuk menggelar aksi donor darah di antara keramaian warga yang lagi ngabuburit, atau di mana pun. Hari ini PMI Ciamis bekerja sama dengan KPJ, komunitas anak punk dan BNN,” katanya. 

Penulis: Andri M Dani
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved