Breaking News:

Apa Itu Anglomerasi yang Diperbolehkan Mudik? Berikut Penjelasannya

Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebutkan kalau anglomerasi diperbolehkan melakukan aktivitas mudik, tapi apa itu anglomerasi

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Siti Fatimah
tribunjabar/firman wijaksana
ilustrasi- Tahun Ini Jalur Mudik Limbangan Lengang, Pemudik Diminta Putar Balik 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wali Kota Bandung Oded M Danial mengatakan Operasional Bandara, Stasiun serta terminal Cicahem dan Leuwipanjang bakal ditutup sementara waktu mulai 6-17 Mei 2021. 

Kebjakan tersebut  diambil Pemerintah Kota Bandung untuk menindaklanjuti  kebijakan pemerintah pusat yang melarang masyarakat mudik pada lebaran tahun ini.

Selain kendaraan umum, pihaknya juga bakal melarang pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi dengan melakukan penyekatan disejumlah titik dan berkoordinasi dengan kabupaten/kota di wilayah Bandung Raya.

Baca juga: Video Viral Anak Larang Prajurit KRI Nanggala-402 Pergi Kerja, Kini Keberadaan Ayah Tak Diketahui

Satlantas Polrestabes Bandung bersama Dishub Bandung akan berkoordinasi untuk menentukan titik penyelatan untuk memantau pergerakan kendaraan. 

"Prinsipnya tentang mudik, kebijakannya dilarang karena itu merupakan kebijakan pusat dan kami berupaya sama dengan kebijakan pusat. Kendaraan umum disampaikan pak Ricky (Kadishub), semua terminal bandara dan stasiun ditutup sementara," ujar Oded, di pendopo Wali Kota Bandung, Jumat (23/4/2021).

Namun Oded menegaskan kalau anglomerasi diperbolehkan mudik.

Istilah ini kerap disebut, namun sebenarnya apa itu anglomerasi?

Kenapa diperbolehkan mudik?

Baca juga: Mal Pelayanan Publik di Soreang Mulai Diuji Coba, Ada 16 Layanan, Dari Samsat Hingga SIM

Dikutip dari wikipedia, anglomerasi adalah istilah umum yang merujuk kepada upaya pengumpulan beberapa elemen ke dalam suatu wilayah atau suatu tempat.

Dalam kaitannya dengan mudik, anglomerasi adalah satu kesatuan wilayah yang terdiri dari beberapa pusat kota dan kabupaten yang saling terhubung.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved