Breaking News:

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya Dorong Tingkat Vaksinasi Jatim Tertinggi di Indonesia

Keberadaan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Surabaya yang dibuka Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pada 28 Maret

TRIBUNJABAR.ID - SURABAYA, Keberadaan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN di Surabaya yang dibuka Menteri BUMN, Erick Thohir dan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pada 28 Maret lalu benar-benar memberikan dampak signifikan bagi penambahan jumlah warga Kota Pahlawan dan Jawa Timur yang divaksin.

Tak hanya jumlah warga lanjut usia saja yang bertambah, pekerja layanan publik yang menerima vaksinasi juga meningkat.

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya Dorong Tingkat Vaksinasi Jatim Tertinggi di Indonesia
Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya Dorong Tingkat Vaksinasi Jatim Tertinggi di Indonesia (Istimewa)

Berdasarkan data yang diperoleh dari Kementerian Kesehatan (21/4), pemberian vaksinasi di Jatim saat ini tertinggi di Indonesia dengan jumlah 1.833.000 orang. Angka tersebut mencakup petugas pelayanan publik 1.249.872, lansia 352.604, dan tenaga kesehatan 234.954 orang.

Sedangkan Surabaya menjadi kota penyumbang vaksinasi terbanyak dengan 567.672 orang telah divaksin dosis satu dan kedua.

Menurut dr Makhyan Jibril, tim kuratif Satgas COVID-19 Jawa Timur, kota Surabaya mengalami tingkat vaksinasi tercepat. Hingga kini warga lansia khusus Surabaya yang sudah divaksin sekitar 70% atau 182 ribu.

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya Dorong Tingkat Vaksinasi Jatim Tertinggi di Indonesia.
Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya Dorong Tingkat Vaksinasi Jatim Tertinggi di Indonesia. (Istimewa)

"Meski ada lokasi penyuntikan vaksin yang tersebar di kota atau kabupaten lain, namun keberadaan Sentra Vaksinasi Bersama BUMN benar-benar menambah percepatan. Sebelum ada Sentra vaksin ini, cakupan vaksinasi lansia masih 5%. Namun, sejak dibantu Kementerian BUMN kini capaiannya sudah 13%," ujarnya di Surabaya, Rabu (21/4).

Sementara itu, Ketua Satgas Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, Arya Sinulingga menyatakan dibandingkan dua Sentra Vaksin lainnya yang ada di luar ibu kota, pencapaian jumlah warga yang divaksin di Surabaya dan Jawa Timur memang menggembirakan.

Dirinya mengakui tingkat antusiasme warga dan sikap gotong royong tinggi di Jawa Timur, terutama dalam memobilisasi warga lansia agar mendatangi lokasi vaksinasi, layak diacungi jempol.

Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya Dorong Tingkat Vaksinasi Jatim Tertinggi di Indonesia.
Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya Dorong Tingkat Vaksinasi Jatim Tertinggi di Indonesia. (Istimewa)

Hingga hampir sebulan penyelenggaraan Sentra vaksin di Surabaya, total warga Jatim yang sudah divaksin di Grand City Hall mencapai 150 ribu orang per tanggal 21 Maret dengan jumlah lansia mencapai 32 ribu.

"Sejak awal, saya mengapresiasi sambutan positif warga lanjut usia dan pekerja layanan publik di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya. Terutama warga lansia yang setiap harinya hampir 1.500 orang berhasil divaksin. Mereka begitu semangat. Kelompok-kelompok agama, sosial, dan ragam komunitas lansia saling gotong royong untuk mengajak sesama lansia agar mau divaksin. Sekali lagi, jempol untuk lansia Jatim," ungkap Arya Sinulingga.

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved