Breaking News:

Program CSR Tenaga Surya Len Industri Menangkan TOP CSR Award 2021

tri (Persero) meraih penghargaan TOP CSR Awards 2021 on Star 4 dan  TOP Leader on CSR Commitment 2021 Direktur Utama PT Len Industri Bobby Rasyidin. P

Istimewa
Program CSR Tenaga Surya Len Industri Menangkan TOP CSR Award 2021. 

TRIBUNJABAR.ID - BANDUNG (23/04/21) – PT Len Industri (Persero) meraih penghargaan TOP CSR Awards 2021 on Star 4 dan  TOP Leader on CSR Commitment 2021 Direktur Utama PT Len Industri Bobby Rasyidin. Penghargaan diterima dan diwakili oleh General Manajer TJSL Len Industri Donny Gunawan dalam acara puncak penghargaan TOP CSR Awards 2021 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Kamis malam (22/04).

TOP CSR Awards 2021 mengusung tema “Peran Strategis CSR dalam Mendukung Keberlangsungan Bisnis yang Berkelanjutan di Masa Kenormalan Baru”. Ajang yang diselenggarakan Majalah Top Business tersebut merupakan kegiatan pembelajaran dan penghargaan CSR tahunan salah satu yang terbesar dan paling membanggakan di Indonesia untuk mendorong peningkatan efektifitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia.

Program CSR Tenaga Surya Len Industri Menangkan TOP CSR  Award 2021.
Program CSR Tenaga Surya Len Industri Menangkan TOP CSR Award 2021. (Istimewa)

Sidang pleno dewan juri menentukan bahwa PT Len Industri menjadi pemenang TOP CSR Awards 2021 on Star 4 kategori khusus Program Energi Terbarukan Tenaga Surya untuk Negara dalam Program “Tenaga Surya Untuk Negeri”.

Direktur Utama PT Len Industri, Bobby Rasyidin mengatakan, ”Kategori ini diberikan kepada perusahaan terkait kebijakan atau program CSR unggulan yang dinilai dari hal-hal menonjol, khas, unik, berdampak besar, atau mendukung kebijakan pemerintah. Tentunya kami sangat senang dan semakin memotivasi kami untuk selalu berkontribusi kepada masyarakat luas melalui tanggung jawab sosial dan lingkungan di wilayah operasi perusahaan khususnya Jawa Barat dan Indonesia pada umumnya.”

Direktur Keuangan & SDM PT Len Industri, Indarto Pamoengkas dalam wawancara terpisah menjelaskan, ”Penghargaan Top CSR yang diraih tahun ini merupakan penghargaan yang diterima selama 4 tahun berturut-turut. Tahun 2020, perusahaan telah memasang perangkat Pompa Air Tenaga Surya yang berfungsi dengan baik menghasilkan air bersih untuk warga Desa Rabeka, Kupang, Provinsi NTT.”

Desa Rabeka termasuk daerah rawan air bersih, sehingga warga desa harus menggotong kiloan meter dari sumber air, atau membeli air bersih seharga Rp5.000 per 10 liter. Itu pun dibatasi, setiap kepala keluarga hanya bisa membeli maksimal 60 liter dalam sehari. Biaya pengeboran sumur sangat mahal dan jika menggunakan genset biaya operasionalnya juga tinggi.

“TOP CSR Awards 2021 di level Star 4 mengindikasikan bahwa PT Len Industri memiliki sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR Perusahaan berada di level “Sangat Baik” dan mendukung strategi bisnis perusahaan, baik di masa Pandemi COVID-19 maupun untuk pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan,” imbuh Indarto.

CSR perusahaan berada di level sangat baik, terkait keselarasan CSR dengan strategi bisnis perusahaan, dengan inisiatif CSR yang mengadopsi CSV (Creating Shared Value), dan ISO 26000 SR, serta mendukung strategi bisnis perusahaan.

Sedangkan TOP Leader on CSR Commitment 2021 dianugerahkan kepada Busines Leader atau Presiden Direktur/Pimpinan Tertinggi di perusahaan, yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan kebehasilan implementasi CSR di perusahaan yang dipimpinnya. Sistem kebijakan, tata kelola, dan keberhasilan CSR di perusahaan akan sulit dijalankan secara efektif, jika top leader-nya tidak memiliki komitmen tinggi terhadap penerapan CSR.

Acara puncak penghargaan turut dihadiri oleh Dirjen Minerba Kementerian ESDM, Staf Ahli Kementerian PUPR, Perwakilan KSP, Pimpinan Lembaga Nawacita, Deputi VII Badan Intelijen Negara, dan Kepala Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Ketua penyenggara, Moh Lutfi Handayani, menjelaskan bahwa kegiatan ini diikuti oleh 150 perusahaan finalis (dari 800 perusahaan - long list) meningkat 25% dari tahun 2020 lalu. Dewan juri TOP CSR Award 2021 adalah tokoh-tokoh dari Majalah Top Business, Asosiasi GRC (PaGi), Lembaga Kajian NawaCita (LKN), KADIN, beberapa konsultan CSR dan GCG ternama dan lain sebagainya. (**)

Tentang PT Len Industri (Persero)
PT Len Industri (Persero) atau Len Industri adalah perusahaan BUMN berbasis teknologi dalam bidang elektronika pertahanan, sistem transportasi, serta bisnis sektoral seperti Energi Baru Terbarukan (EBT), ICT dan Sistem Navigasi. Len adalah sebuah BUMN Sub-Klaster Industri Pertahanan di bawah koordinasi Kementrian BUMN yang dibentuk dari sebuah lembaga penelitian bernama LEN (Lembaga Elektroteknika Nasional) sejak 1965 dan bertransformasi menjadi BUMN pada tahun 1991.

BUMN asal Kota Kembang ini telah berhasil menyediakan sistem persinyalan dalam pembangunan urban transport seperti Skytrain dan LRT di Jawa dan Sumatera, maupun jalur utama KA di Pulau Jawa dan Sumatera hingga Trans-Sulawesi Jalur Makassar-Parepare.

Di bidang pertahanan, Len adalah lead combat system integrator dan salah satu integrator C4ISR (Command, Control, Communications, Computers, Intelligence, Surveillance and Reconnaissance) nasional yang telah mengembangkan Data Link Nasional di TNI AU dan AL.

Len kini juga tengah ditugaskan sebagai Ketua Tim Percepatan Holding BUMN Industri Pertahanan (Len, Pindad, Dirgantara Indonesia, Dahana, PAL Indonesia), dimana tahun ini dalam waktu dekat akan melakukan pembangunan Pusat Industri dan Inovasi Radar Nasional di Len Technopark, Subang. Target pasar pertama dalam pembangunan industri radar nasional tersebut adalah memenuhi kebutuhan Radar GCI (Ground Controlled Interception) TNI AU dalam Rencana Strategis 2020-2024 agar dapat menjawab semua potensi ancaman yang dapat mengancam wilayah NKRI.(**)

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved