Breaking News:

Mewakili Jabar, Sumedang Raih Penghargaan SAKIP RB Award 2020

Kabupaten Sumedang bersama Kabupaten Sukabumi mewakili Provinsi Jawa Barat sebagai penerima SAKIP RB Award Tahun 2020 dari Kemen PANRB

istimewa
Kabupaten Sumedang bersama Kabupaten Sukabumi mewakili Provinsi Jawa Barat sebagai penerima SAKIP RB Award Tahun 2020 dari Kemen PANRB 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Kabupaten Sumedang bersama Kabupaten Sukabumi mewakili Provinsi Jawa Barat sebagai penerima SAKIP RB Award Tahun 2020 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB).

Kabupaten Sumedang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Herman Suryatman menerima langsung penghargaan tersebut dari Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo di Birawa Asembly Hall Hotel Bidakara Jakarta, Kamis (22/4/2021).

SAKIP RB Award 2
SAKIP RB Award 2 (istimewa)

Penghargaan diterima atas hasil evaluasi SAKIP Kabupaten Sumedang Tahun 2020 yang mendapatkan predikat BB (sangat baik) dengan nilai 71,58. Capaian ini mengalami peningkatan signifikan jika dibandingkan tahun sebelumnya dengan nilai 67,26 (B gemuk).

Selain itu, Kabupaten Sumedang juga mendapatkan apresiasi dari Kemenpan RB dalam pelaksanaan Reformasi Birokrasi dengan predikat B atau baik.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang Herman Suryatman mengatakan, keberhasilan tersebut merupakan kebanggaan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumedang.

SAKIP RB Award3
SAKIP RB Award3 (istimewa)

Menurutnya, capaian tersebut berkat kuatnya kepemimpinan dan komitmen dari Bupati dan Wakil Bupati serta kesungguhan segenap jajaran ASN Kabupaten Sumedang yang didukung oleh warga masyarakat Sumedang.

“Ini adalah capaian kita semua. Tentu kita tidak berpuas diri. SAKIP mendapat BB dan Reformasi Birokrasi mendapat B harus kita syukuri. Dalam waktu bersamaan, kita harus lebih kerja keras lagi,” ujarnya.

Dikatakan Sekda, saat ini Kabupaten Sumedang menjadi salah satu kabupaten terbaik di Indonesia dalam pelaksanaan SAKIP dan RB. Target ke depannya tentu SAKIP dan RB dapat lebih baik lagi.

“Tahun depan, kita menargetkan untuk SAKIP bisa mendapatkan A dan untuk Reformasi Birokrasi bisa BB,” kata Sekda.

Terakhir dikatakan Sekda, capaian SAKIP dan RB hanya merupakan 'sasaran antara' karena tujuan utama dari Pemerintah Kabupaten Sumedang adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ia pun mengharapkan birokrasi yang baik dan kinerja tinggi yang tercermin dari raihan Anugerah SAKIP dan RB akan berdampak terhadap peningkatan kinerja pembangunan yang 'ultimate goal'-nya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Bukan hanya kinerjanya yang bagus tetapi mudah-mudahan bisa mendorong kinerja pembangunan Sumedang lebih baik dan endingnya atau ultimate goalsnya adalah meningkatnya kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya. (rls)

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved