Breaking News:

Gerakan Peduli Lansia di Jatim Dongkrak Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya

Kepedulian terhadap warga lanjut usia di Jawa Timur patut diacungi jempol. Gerakan peduli lansia untuk segera divaksin yang dilakukan beberapa komunit

Istimewa
Gerakan Peduli Lansia di Jatim Dongkrak Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya. 

TRIBUNJABAR.ID - SURABAYA, Kepedulian terhadap warga lanjut usia di Jawa Timur patut diacungi jempol. Gerakan peduli lansia untuk segera divaksin yang dilakukan beberapa komunitas di Jatim mampu mendongkrak grafik kehadiran jumlah lansia di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya yang berlangsung di Kompleks Grand CIty Surabaya, Jatim.

Hingga hari ke-24 beroperasionalnya Sentra vaksin di Surabaya, jumlah lansia Jatim yang berhasil divaksin mencapai angka di atas 30 ribu orang. Mereka tak hanya dari Kota Pahlawan saja, tapi juga berasal dari berbagai kabupaten terdekat, seperti Sidoarjo, Gresik, dan Malang. Bahkan, warga lansia tersebut hadir dalam rombongan besar dengan menggunakan bus, seperti yang dilakukan 60 warga lansia Sidoarjo yang mengikuti vaksinasi di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya. Kehadiran mereka merupakan hasil kerjasama antara Yayasan Brrsama Indonesia Sehat (BERSIH) dengan Ikatan Alumni Universitas Airlangga (IKA Unair) Cabang Sidoarjo. Sebelumnya, Klinik PT SIER juga menggalang kerjasama dengan komunitas Gusdurian dalam menjalani vaksinasi di sentra vaksin Surabaya.

Gerakan Peduli Lansia di Jatim Dongkrak Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya.
Gerakan Peduli Lansia di Jatim Dongkrak Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya. (Istimewa)

"Para peserta tersebut merupakan lansia yang berasal dari wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Mereka lebih dulu berkumpul di Lippo Mall Sidoarjo, lalu menuju Sentra vaksin dengan menggunakan dua bus milik Universitas Airlangga secara gratis. Kami hanya berpesan agar tetap menjaga protokol kesehatan selama perjalanan maupun saat di lokasi vaksinansi,” jelas Ketua IKA Unair Sidoarjo, drg Winaryo S Perio di Surabaya, Selasa (20/4).

Menurut Ketua Yayasan BERSIH, Teguh Prihandoko, kegiatan mobilisasi warga lansia tersebut merupakan gerakan kepedulian terhadap warga lansia di seluruh Jawa Timur agar mau menjalani vaksinasi. “Ini bentuk kepedulian kami terhadap warga lansia. Mereka butuh pendamping dan kita memfasilitasi penjemputan hingga kembali ke rumah. Saya juga apresiasi bantuan dari panitia pelaksana di Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya. Berkat mereka lansia–lansia di Jatim semakin banyak yang divaksin," lanjutnya.

Gerakan Peduli Lansia di Jatim Dongkrak Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya.
Gerakan Peduli Lansia di Jatim Dongkrak Sentra Vaksinasi Bersama BUMN Surabaya. (Istimewa)

Ketua Satgas Sentra Vaksinasi Bersama BUMN, Arya Sinulingga sendiri menghargai tingkat partisipasi tinggi yang diperlihatkan warga lansia, baik yang berasal dari Surabaya maupun kota-kota lain di Jawa Timur. "Tak hanya itu, dukungan komunitas terhadap lansia juga besar. Mereka juga menyiapkan pendampingan bagi lansia yang tugasnya selain ikut menjemput, juga ikut mengantarkan proses vaksin, dan turut kembali mengantarkan sampai ke rumah. Hal ini patut dicontoh di daerah-daerah lain sehingga sasaran utama kita agar semakin banyak warga lansia yang merupakan kalangan rentan segera divaksin dapat tercapai," ujarnya di Jakarta.

Ia juga menambahkan, meski program vaksinasi nasional sudah menginjak tahap ketiga dengan sasaran masyarakat yang rentan dari aspek geospasial, sosial, dan ekonomi, seperti kalangan disabilitas, namun Sentra Vaksinasi Bersama BUMN kini memiliki lima titik di DKI Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Bandung masih membuka tangan selebar-lebarnya bagi warga lansia untuk secepatnya di vaksin.

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved