Breaking News:

VIDEO Resmikan Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon, Gubernur Jabar Titipkan Hal Ini

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan Alun-Alun Kejaksan, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (21/4/2021) sore.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: yudix
Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi
 
TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meresmikan Alun-Alun Kejaksan, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (21/4/2021) sore.
 
Pria yang akrab disapa Emil itupun tampak menandatangani prasasti peresmian alun-alun yang berada persis di depan Masjid Raya At-Taqwa.
 
Ia juga tampak didampingi Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis, Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, beserta jajaran Forkopimda Kota Cirebon.
Emil menyampaikan, melalui peresmian tersebut Pemprov Jabar secara resmi menyerahkan Alun-Alun Kejaksan yang telah selesai direvitalisasi kepada Pemkot Cirebon.
 
Karenanya, ia mempersilakan alun-alun tersebut dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat Kota Udang dan sekitarnya.
 
"Saya hanya menitipkan agar dijaga kebersihan dan ketertibannya," kata Ridwan Kamil saat ditemui usai peresmian Alun-Alun Kejaksan.
Ia mengatakan, kehadiran Alun-Alun Kejaksan yang telah selesai direvitalisasi juga sangat istimewa, karena akan menyelesaikan permasalahan kemacetan.
 
Sebab, terdapat basement yang digunakan untuk parkir kendaraan di alun-alun yang mampu menampung hingga 70 unit mobil dan 120 unit sepeda motor.
 
Bahkan, jika basement mulai digunakan untuk parkir kendaraan maka Alun-Alun Kejaksan dan halaman Masjid Raya At-Taqwa akan menyatu.
 
"Tidak ada lagi kendaraan yang diparkir di halaman masjid maupun bahu jalan, karena semuanya di basement," ujar Ridwan Kamil.
Menurut dia, areal depan masjid hingga alun-alun hanya dipenuhi lalu lalang warga yang akan beribadah maupun beraktivitas.
 
Emil menyebut desain Alun-Alun Kejaksan juga lebih istimewa dibanding alun-alun daerah lain di Jawa Barat yang konsepnya menonjolkan sisi kontemporer atau kekininan.
 
Alun-Alun Kejaksan justru menonjolkan sisi sejarah, karena Kota Cirebon sendiri dikenal sebagai kota yang kuat sejarahnya.
 
"Dimensi sejarah di alun-alun ini diperlihatkan secara jelas, ada plaza memorial, dan keberadaan tugu proklamasi juga membuat lokasinya istimewa," kata Ridwan Kamil.
 
Kini, Emil mengaku tidak kesulitan lagi menjawab pertanyaan mengenai lokasi untuk nongkrong sambil berswafoto saat berada di Kota Cirebon.
 
"Saya pasti akan menjawab Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon," ujar Ridwan Kamil.
 
Dalam kesempatan itu, Emil juga sempat berkeliling ke seluruh areal Alun-Alun Kejaksan. Dari mulai plaza memorial, lapangan utama, micro library, areal bermain anak, hingga kios UMKM.
 
Bahkan, Emil juga sempat berfoto di rooftop micro library Alun-Alun Kejaksan sambil berpose melemparkan topi putih bergaris hitam yang dikenakannya.
 
"Ini cuma buat foto, ya, posenya melempar topi, bukan diberikan. Ini mah topi mahal," kelakar Emil.
Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul VIDEO Resmikan Alun-Alun Kejaksan Kota Cirebon, Gubernur Jabar Titipkan Hal Ini, https://jabar.tribunnews.com/2021/04/22/video-resmikan-alun-alun-kejaksan-kota-cirebon-gubernur-jabar-titipkan-hal-ini
Penulis: Ahmad Imam Baehaqi
Video Editor: Wahyudi Utomo
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved