Breaking News:

VIDEO Ramadan Napi di Lapas Warungkiara, Membuat Kerajinan, Beternak, Bertani Hingga Menonton Film

Bulan ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi warga muslim. Baik itu dijalani bersama keluarga di rumah maupun di perantauan dengan penuh suka cita

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Bulan ramadan merupakan bulan penuh berkah bagi warga muslim.

Baik itu dijalani bersama keluarga di rumah maupun di perantauan dengan penuh suka cita.

Termasuk bagi narapidana (napi) di Lapas Kelas IIB Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Mereka (napi beragama Islam) nampak antusias dan penuh kegembiraan dalam menjalankan aktivitas di bulan ramadan 1442 hijriah atau 2021 masehi.

Kasi Binadik dan Giatja Lapas Kelas II B Warungkiara, Rustanto mengatakan, mereka tetap beraktivitas seperti biasa.

Ada yang membuat kerajinan, menanam sayuran dengan cara hidroponik. Mengurus peternakan hingga menonton film religi.

"Aktivitas seperti biasa, ada yang buat Kerajinan, pembinaan kemandirian, produksi barang-barang normal seperti biasa, misalnya di sini ada kerajinan menanam, menjahit, di luar ada peternakan normal seperti biasa, ada kegiatan menonton di hari minggu untuk hiburan, karena ini bulan ramadan yang biasanya kita sajikan film-film komedi, action, namun pada bulan ramadan ini mereka diberikan film yang religi," kata Rustanto saat ditemui wartawan, Rabu (21/4/2021).

Aktivitas Tambahan

Di bulan ramadan ini, Rustanto menuturkan, terdapat beberapa aktivitas tambahan, yaitu salat tarawih dan tadarus berjamaah.

Disamping itu, mereka (napi) juga rutin mengikuti pengajian ilmu tajwid sampai belajar bahasa arab.

Diketahui, mereka langsung diberikan pelajaran agama ini oleh ustaz dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sukabumi.

"Sebenarnya di bulan ramadan normal seperti biasanya, cuman memang ada penambahan beberapa kegiatan yaitu di malam hari ada kegiatan salat tarawih berjamaah, dilanjutkan dengan kegiatan tadarus," jelasnya.

Untuk mencegah sebaran virus Covid-19, dalam setiap kegiatan para napi ini diwajibkan mematuhi protokol kesehatan.

"Namun itu juga kita batasi jemaahnya yang biasa kita di bulan-bulan sebelum Covid ini kita keluarkan semuanya seluruh warga binaan. Tapi, karena pandemi kita hanya mengeluarkan satu blok aja secara giliran, jadi nanti akan mendapat giliran semuanya, karena harus jaga jarak kita tidak keluarkan semuanya," ucapnya.* (M Rizal Jalaludin)

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul VIDEO Ramadannya Napi di Lapas Warungkiara Sukabumi, Ngaji, Tarawih Hingga Tadarusan, https://jabar.tribunnews.com/2021/04/22/video-ramadannya-napi-di-lapas-warungkiara-sukabumi-ngaji-tarawih-hingga-tadarusan
Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Video Editor: Wahyudi Utomo

Penulis: M RIZAL JALALUDIN
Editor: yudix
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved