Breaking News:

Plh Bupati Bandung Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di RSUD Oto Iskandar Di Nata Soreang

Plh Bupati Bandung Asep Sukmana didampingi oleh Kadinkes Kabupaten Bandung dr Grace Mediana melakukan pemantauan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap

Istimewa
Plh Bupati Bandung Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di RSUD Oto Iskandar Di Nata Soreang. 

TRIBUNJABAR.ID - Soreang, Jamkesnews - Plh Bupati Bandung Asep Sukmana didampingi oleh Kadinkes Kabupaten Bandung dr Grace Mediana melakukan pemantauan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 tahap dua di wilayah Kabupaten Jawa Barat bagi pelayan publik yang dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Oto Iskandar Di Nata Soreang, Rabu (17/03).

"Terdapat 4 fasilitas kesehatan yang melakukan vaksinasi di tempat ini, yakni RSUD Oto Iskandar Di Nata Soreang, Rumah Sakit Umum Bina Sehat, Rumah Sakit Al-Ihsan Baleendah, dan Klinik Polres Bandung. Ini dilakukan untuk mempercepat proses vaksinasi kepada petugas pelayan publik," ujar Asep Sukmana.

Ia menambahkan bahwa pada hari ini dilakukan penyuntikkan vaksinasi bagi 539 pelayan publik yang terdiri dari TNI-POLRI, Dishub, dan BPBD. Secara total sejumlah 6000an pelayan publik yang akan divaksinasi hingga akhir bulan Maret 2021.

"Berdasarkan hasil pantauan saya tadi pelaksanaannya sudah cukup baik, namun ada beberapa perbaikan kecil yang harus dilakukan agar semua berjalan lancar. Secara target sebelum bulan ramadhan semua pelayan publik telah di vaksin tahap ke 2, saat ini nakes di kabupaten Bandung yang telah divaksin lebih dari 90%," tambahnya.

Asep Sukmana tak lupa mengapresiasi kepada seluruh pelaksana yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini, baik dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, fasilitas kesehatan, tenaga medis, dan BPJS Kesehatan yang telah menyediakan Aplikasi P-Care Vaskinasi Covid-19.

Sebagai dukungan terhadap pemerintah dalam menyukseskan percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Soreang turut serta hadir di RSUD Oto Iskandar Di Nata Soreang guna memastikan implementasi aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Ditemui ditempat yang sama, Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Soreang Rise Gurtikayani mengungkapkan bahwa BPJS Kesehatan akan terus melakukan pendampingan dalam pelaksanaan proses entry data peserta yang akan menerima vaksin. Hal ini dilakukan karena data yang terinput pada aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 akan secara langsung terintegrasi dengan data dashboard milik Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonimi (KPC-PEN), sehingga harus tervalidasi dengan baik oleh petugas.

“Sebelum pelaksanaan vaksinasi, kami telah melakukan sosialisasi tentang penggunaan aplikasi P-Care Vaksinasi Covid-19 kepada fasilitas kesehatan yang ada di Kabupaten Bandung. Kami pun berharap aplikasi P-Care dapat mempermudah proses registrasi peserta, sehingga peserta vaksinasi tidak perlu menunggu waktu lama dan tidak terjadi penumpukan di lokasi," jelas Rise.

Rise menambahkan BPJS kesehatan Cabang Soreang akan terus melakukan pendampingan saat proses vaksinasi berjalan. Apabila nantinya petugas mengalami kendala saat proses entry data peserta penerima vaksin, Ia meyakinkan bahwa BPJS Kesehatan siap untuk membantu mengatasi permasalahan yang terjadi. (BS/hs)

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved