Breaking News:

Laksanakan Sosialisasi Pengelolaan Harapan Peserta Berbasis Komunitas, BPJS Kesehatan Gandeng POPTI

PJS Kesehatan Cabang Soreang melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Harapan Peserta Berbasis Komunitas Bersama Yayasan Thalassaemia Indonesia

Istimewa
Laksanakan Sosialisasi Pengelolaan Harapan Peserta Berbasis Komunitas, BPJS Kesehatan Gandeng POPTI 

TRIBUNJABAR.ID - Soreang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Soreang melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Harapan Peserta Berbasis Komunitas Bersama Yayasan Thalassaemia Indonesia (YTI) dan Perhimpunan Orangtua Penderita Thalassaemia Indonesia (POPTI), Rabu (07/04).

Penyakit Thalasemia adalah penyakit kelainan darah yang diakibatkan oleh faktor genetika dan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah (hemoglobin) tidak berfungsi secara normal. Zat besi yang diperoleh tubuh dari makanan digunakan oleh sumsum tulang untuk menghasilkan hemoglobin.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Soreang Heni Riswanti menyebut, selain menjadi ajang silaturrahmi bagi BPJS Kesehatan yang betemu langsung dengan peserta JKN-KIS, kegiatan ini juga dimanfaatkan untuk menginformasikan kebijakan-kebijakan baru yang berlaku bagi peserta JKN-KIS.

"Selain silaturrahmi secara langsung bertemu dengan peserta JKN-KIS, kami juga menginformasikan update terkait Program JKN-KIS. Saat pandemi seperti ini, BPJS Kesehatan memanfaatkan teknologi dalam menunjang pelayanan terhadap peserta JKN-KIS yaitu aplikasi Mobile JKN, PANDAWA, VIKA, CHIKA, dan juga bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400," jelas Heni dalam sambutannya. 

Tak hanya itu, Heni juga mengatakan bahwa BPJS Kesehatan Cabang Soreang membutuhkan masukan-masukan dari peserta JKN-KIS khususnya dari orangtua penyandang Thalassaemia yang rutin menggunakan Program JKN-KIS untuk pengobatan anaknya yang menderita penyakit Thalassaemia.

"Saran dari peserta JKN-KIS sangat kami butuhkan sebagai bahan evaluasi bagi kami agar kedepannya pelayanan terhadap peserta JKN-KIS khususnya bagi penyandang Thalassaemia semakin lebih baik lagi," ujarnya.

Salah satu pengurus POPTI Kabupaten Bandung yang hadir dalam kegiatan ini, Nunun Eva Latifah menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan ini. Menurutnya, penting adanya komunikasi yang baik antara peserta JKN-KIS khususnya penyandang Thalassaemia agar pelayanan kesehatan yang didapat di fasilitas kesehatan semakin baik pula.

"Alhamdulillah bersyukur sekali dengan adanya kegiatan ini, semoga dengan komunikasi yang sudah terjalin baik ini antara POPTI dengan BPJS Kesehatan dapat meningkatkan pula pelayanan kesehatan bagi penyandang Thalassaemia di rumah sakit," katanya.

Nunun menambahkan dengan mengikuti kegiatan ini, ia juga mendapatkan informasi-informasi terbaru yang diberlakukan oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan peserta JKN-KIS dalam mengakses pelayanan kesehatan.

Kegiatan yang dilaksanakan secara offline dan online ini juga menghadirkan Brand Ambasador BPJS Kesehatan, I Gusti Agung Kusuma Yudha Rai atau yang lebih dikenal dengan nama Ade Rai. Ade Rai memaparkan beberapa tips kesehatan di masa pandemi, baik dari asupan makanan maupun olahraga yang cocok dilakukan di rumah.  (BS/hs)

Editor: bisnistribunjabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved