Breaking News:

BI Jabar Siapkan Uang Tunai Rp 17,45 Triliun Saat Ramadan dan Lebaran, Ada 599 Titik Penukaran Uang

Bank Indonesia Jawa Barat siapkan uang tunai Rp 17,45 triliun selama Ramadan dan Lebaran serta menyiapkan 599 titik penukaran uang

(TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)
ilustrasi - penukaran uang 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Untuk memenuhi kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri, Bank Indonesia (BI) Jawa Barat menyediakan loket di bank dan meniadakan layanan kas keliling.

Untuk menekan penyebaran Covid-19, BI Jabar bekerjasama dengan  perbankan yaitu bank umum dan bpr dan menyediakan 599 titik layanan penukaran selama Ramadan 2021.

Baca juga: Ingin Tukar Uang Rupiah untuk Lebaran? Sudah Bisa Loh, Begini Caranya

Kepala Kantor Perwakilan BI Jabar, Herawanto mengatakan, mempertimbangkan antisipasi faktor musiman Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN), kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri 2021  di Jabar (di luar Bogor, Depok, dan Bekasi, diperkirakan sebesar 17,45 triliun.

"Untuk wilayah priangan (kecuali Bogor, Depok, Bekasi) kebutuhannya 12,21 triliun, priangan timur yaitu 2,05 triliun, da Cirebon Indramayu, Majalengka, Kuningan yaitu 3,19 triliun," ujar Herawanto saat ditemui di Bank BI Jabar, Senin (19/4/2021).

ILUSTRASI penukaran uang rupiah baru
ILUSTRASI penukaran uang rupiah baru (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Ia mengatakan jumlah kebutuhan uang selama Ramadan dan Idul Fitri meningkat 4 kali lipat dai rata-rata kebutuhan uang per bulan dalam kondisi normal.

Namun nilai tersebut mengalami penurunan sebesar 19,44% (yoy) dibandingkan kebutuhan  uang selama Ramadan dan Idul Fitri periode tahun lalu yag tercatat sebesar Rp 21,66 triliun.

Baca juga: 10 Artis Blasteran Kerap Dikira Nonmuslim padahal Ikut Jalani Puasa Ramadan, termasuk Wulan Guritno

Sementara itu Chief of Payment System BI Jabar, Ameriza M Moesa mengatakan lokasi penukaran pun dibagi menjadi 3 titik.

PENUKARAN UANG - Petugas bank melayani masyarakat yang menukar uang pecahan saat pembukaan Penukaran Uang Terpadu di Lapangan Gasibu, depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (11/7/2013). Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang pecahan kertas di masyarakat memasuki Ramadan dan Idulfitri, ratusan kantor cabang dari 10 bank yang tersebar di seluruh Jawa Barat akan membuka layanan penukaran uang pecahan kertas untuk umum.
PENUKARAN UANG - Petugas bank melayani masyarakat yang menukar uang pecahan saat pembukaan Penukaran Uang Terpadu di Lapangan Gasibu, depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis (11/7/2013). Mengantisipasi meningkatnya kebutuhan uang pecahan kertas di masyarakat memasuki Ramadan dan Idulfitri, ratusan kantor cabang dari 10 bank yang tersebar di seluruh Jawa Barat akan membuka layanan penukaran uang pecahan kertas untuk umum. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN)

"Wilayah priangan tersedia 362 titik, priangan timur 98 titik, dan Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan yaitu 99 titik," ujarnya.

Baca juga: VIDEO- Suasana Taman Aruman, Kota Cimahi,tampak sepi ditengah pandemi Covid-19

Untuk penukaran uang melalui loket bank, Ameriza mengatakan sudah bisa dilakukan di loket bank mulai 12 April hingga 11 Mei 2021.

Anda juga bisa melakukan penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan (UPK) 75 dapat dilakukan di perbankan atau di seluruh kantor bank indonesia di wilayah jabar setiap hari kerja pukul 08.00-12.00 WIB.

Penulis: Putri Puspita Nilawati
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved