Breaking News:

Selamat dari Kebakaran Kapal di Perairan Jawa, 12 ABK Disambut Keluarga di Indramayu

Kebakaran kapal KM Bintang Jaya Mandiri tepatnya terjadi di perairan Jawa pada Kamis (15/4/2021). Sebanyak 16 ABK selamat

Penulis: Handhika Rahman | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Istimewa
Dua belas ABK KM Bintang Jaya Mandiri yang selamat dari insiden kapal terbakar tiba di Kecamatan Kandanghaur, Indramayu, Sabtu (17/4/2021) dini hari. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU- Kepulangan para anak buah kapal ( ABK ) KM Bintang Jaya Mandiri ke Kabupaten Indramayu langsung disambut keluarga masing-masing, Sabtu (17/4/2021) dini hari.

Hal tersebut diceritakan Plt Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Indramayu, Caya kepada Tribuncirebon.com melalui sambungan seluler.

Caya mengatakan para ABK itu selamat dari maut kebakaran kapal di perairan Jawa.

Dari total 16 ABK KM Bintang Jaya Mandiri yang selamat, 12 orang berasal dari Kabupaten Indramayu.

Sisanya, 3 ABK berasal dari Brebes dan 1 ABK lagi berasal dari Subang.

"Malam tadi langsung dilakukan serah terima korban selamat insiden kebakaran kapal antara Tim SAR Kabupaten Tuban dengan Polair Polres Indramayu/Forkompimcam Kecamatan Kandanghaur," ujar dia kepada Tribuncirebon.com.

Baca juga: 16 ABK Selamat di Insiden Terbakarnya Kapal Sedang Dalam Perjalanan Pulang dari Tuban

Baca juga: Kapal Terbakar di Perairan Jabar, Mayoritas ABK Berasal dari Indramayu, Dievakuasi Kapal Tangker

Kepala Kantor SAR Bandung, Deden Ridwansah menambahkan, kebakaran kapal KM Bintang Jaya Mandiri tepatnya terjadi pada Kamis (15/4/2021).

Sebanyak 16 ABK selamat setelah terkatung-katung di tengah laut, mereka terjun ke laut menyelamatkan diri dari kobaran api.

Beruntung, saat itu mereka berhasil dievakuasi oleh kapal tangker Pertamina Maquen Majesty yang kebetulan melintas di lokasi kejadian. Kapal itu diketahui hendak menuju Tuban.

Saat itu, ucap Deden Ridwansah, tim operasi Kantor SAR Surabaya langsung berkoordinasi dengan Forkopimda Tuban dan sepakat menjemput korban yang dievakuasi kapal tangker tersebut dengan menaiki Tug Boat Transko Bangau.

Setelah dijemput, para ABK langsung dilakukan pemeriksaan kesehatan dan dibawa ke Pabuhan Tuban, Jawa Timur.

Dari sana, para ABK lalu diantar menggunakan bus sesuai dengan domisili masing-masing.

"Adapun penyebab terbakarnya KM Bintang Jaya Mandiri hingga saat ini belum dapat dipastikan. Dari keterangan korban, api diperkirakan berasal dari ruang mesin," ujar dia.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved