Breaking News:

Melalui Program Studepreneur STIE Ekuitas Komitmen Melahirkan Wirausaha Muda yang Berkarakter

STIE Ekuitas berkomitmen untuk melahirkan wirausaha baru, karena sesuai dengan tagline-nya: “Lebih Tahu Pendidikan Keuangan, Perbankan dan Kewirausaha

Editor: bisnistribunjabar
Istimewa
Pelaksanaan Stude field dengan menerapkan protokoler Kesehatan yang ketat dengan pembatasan jumlah peserta yang hadir serta melakukan rapidtes untuk memastikan seluruh peserta dan panitia yang terlibat bebas dari virus covid-19 

TRIBUNJABAR.ID - STIE Ekuitas berkomitmen untuk melahirkan wirausaha baru, karena sesuai dengan tagline-nya: “Lebih Tahu Pendidikan Keuangan, Perbankan dan Kewirausahaan”. Guna memperkuat tagline tersebut, STIE Ekuitas memiliki Program Studepreneur yakni kegiatan ekstra kulikuler yang terintegrasi dengan kurikulum kewirausahaan pada kelas bersama di setiap program studi sehingga lebih terstruktur dan komprehensif. Kegiatan Studepreneur lebih fokus untuk mengasah pengalaman praktek bisnis di lapangan dan bimbingan dari para mentor sehingga memberikan akselerasi usaha mahasiswa dalam mengembangkan bisnisnya. 

“Dengan adanya kegiatan tersebut diharapkan dapat merubah mindset mahasiswa yang awalnya sebagai job seeker (pencari kerja) menjadi job creator (pencipta pekerjaan) setelah lulus kuliah sebagai upaya untuk mengurangi pengangguran di Indonesia,” tutur Rici Solihin, S.E., M.Si. selaku Dosen S1 Manajemen STIE Ekuitas yang merangkap Pjs Studepreneur STIE Ekuitas.

Melalui Program Studepreneur STIE Ekuitas Komitmen Melahirkan Wirausaha Muda yang Berkarakter.
Rici Solihin, S.E., M.Si. Pjs Studepreneur STIE Ekuitas pada  Kegiatan pembinaan Stude Field berupa peningkatan softskill pengembangan karakter dan tim di Grafika Cikole Lembang. (Istimewa)

Dikatakan Rici, program Studepreneur merupakan program tahunan pembinaan wirausaha mahasiswa hasil kerjasama antara STIE Ekuitas, Bank BJB dan KADIN Jawa Barat pada tahun 2012 dan telah melahirkan ratusan wirausaha baru. Saat ini Program Studepreneur telah berjalan pembinaan wirausaha muda Angkatan 9. 

“Walaupun dalam situasi Pandemi Covid-19 namun tidak menurunkan semangat STIE Ekuitas untuk mengembangkan wirausaha muda karena dalam pembinaan Studepreneur kali ini, sebagai upaya menekan penyebaran virus Covid-19, kami menerapkan sistem pembinaan secara hybrid yaitu pendampingan usaha secara daring sehingga bisa dilakukan secara jarak jauh serta secara luring dengan menerapkan protokoler Kesehatan yang ketat.” Jelasnya. 

Rici menambahkan, salah satu kegiatan yang telah dilakukan adalah Studeclass yaitu kegiatan klasikal berupa pemberian materi praktis kewirausahaan secara tematik sesuai yang diperlukan oleh tenant binaan. Kegiatan ini telah dilakukan sejak bulan Februari 2021 dengan menghadirkan berbagai narasumber sekaligus mentor yang berasal dari pelaku bisnis yang telah berpengalaman baik secara nasional maupun internasional seperti Achmad Ferdiansyah Pradana Putra – Founder Sang Juara School, Ega Mahendra Higuitta Owner Sego Njamoer serta Bambang Tris Bintoro Wakil Ketua Kadin Kota Bandung. Beberapa materi yang disampaikan seperti “mindset dan spirit entrepreneur” untuk membentuk karakter wirausaha yang kuat hingga teknis dalam membuat produk atau jasa yang sesuai dengan kebutuhan pasar. 

Selain kegiatan Stude Class, Studepreneur rutin mengadakan berbagai kegiatan pembinaan lainnya seperti Stude Field berupa peningkatan softskill pengembangan karakter dan tim yang telah dilakukan pada tanggal 5 April 2021 di Grafika Cikole Lembang. Pelaksanaan Stude field menerapkan protokoler Kesehatan yang ketat dengan pembatasan jumlah peserta yang hadir serta melakukan rapidtes untuk memastikan seluruh peserta dan panitia yang terlibat bebas dari virus covid-19. Kegiatan yang dilakukan berupa team building dan outbond untuk meningkatkan kerjasama antar tim serta bagaimana peserta mampu lebih aktif dan peka dalam melihat peluang bisnis. 

Menurutnya, kedepannya masih banyak kegiatan Studepreneur yang akan dilakukan seperti Stud Exa atau Studepreneur Expo yang menyajikan produk-produk kreatif mahasiswa STIE Ekuitas dan UMKM Binaan serta Stude Fest yang merupakan acara puncak atau Demo Day untuk menampilkan presentasi bisnis tenant studepreneur di depan calon investor dan masih banyak kegiatan lainnya. 

“Tahun 2021 ini STIE Ekuitas diberikan anugerah oleh LLDIKTI Wilayah IV sebagai Perguruan Tinggi terbaik ke-1 dalam bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi se-Jawa Barat dan Banten dan Perguruan Tinggi Terbaik ke-4 dalam bentuk sekolah tinggi se-Jawa Barat dan Banten. Saat ini STIE Ekuitas sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 gelombang I hingga tanggal 30 April 2021 baik secara online melalui laman pmb.ekuitas.ac.id maupun secara offline langsung di Kampus STIE Ekuitas di Jl. PH.H. Mustofa No.31, Neglasari, Kec. CibeunyingKaler, Kota Bandung,”pungkas Rici.*

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved