Anies Baswedan Pulang Kampung

Anies Baswedan Pulang Kampung, Nikmati Kuliner PKL, Cerita Kerap Main di Sungai Citamba di Kuningan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung di Kuningan sekaligus menikmati suasana bulan puasa di kampung halamannya.

Penulis: Ahmad Ripai | Editor: Hermawan Aksan
Istimewa
Anies Baswedan dan teman masa kecilnya, H Ikhsan Marzuki, saat menikmati kuliner PKL di Kuningan, Jawa Barat, Jumat (16/4/2021) malam. 

Laporan Kontributor Kuningan, Ahmad Ripai

TRIBUNJABAR.ID, KUNINGANGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berkunjung di Kuningan sekaligus menikmati suasana bulan puasa di kampung halamannya.

Orang nomor satu di Jakarta ini langsung berkeliling kawasan Kuningan Kota dan menyempatkan diri menikmati makanan yang disajikan para pedagang kaki lima di kawasan Jalan Siliwangi.

“San (tanya Anis ke Ikhsan), yang namanya fast food itu, ya, jajanan seperti yang disuguhkan pedagang kaki lima ini. Para pedagang datang menghampiri pengunjung dan segera melayani kebutuhannya,” ujar Anies saat menikmati jajanan malam pedagang kaki lima (PKL) bareng Ikhsan Marzuki, yang juga pemilik Rumah Makan Kita di Kuningan, Sabtu (17/4/2021).

Baca juga: Siang Hari Puasa, Malamnya Ngamar, 6 Pasangan Bukan Muhrim Ini Terjaring Razia di Kota Tasik

Baca juga: Pelaku Penganiaya Perawat RS Siloam Palembang Ditangkap Polisi, Lakukan Ini Sebelum Dijemput Petugas

Meyakini bahwa PKL sebagai fast food alias cepat saji, Anies menjelaskan bahwa mereka itu berjuang penuh rasa kasih sayang.

Pasalnya, hasil keuntungan dari konsumen itu bisa dirasakan sebagai penutup kebutuhan hajat keluarga.

“Ya, PKL seperti ini pejuang ekonomi kerakyatan juga. Mereka usaha sebagai bentuk dalam menutup kebutuhan keluarganya,” kata Anies lagi.

Di sela menikmati jajanan khas Mang Gocim di Jalan Siliwangi yang tak jauh dari Sungai Citamba, Gubernur Anies banyak bercerita tentang masa kecilnya.

Bantaran Sungai Citamba, kata Anies, merupakan tempat bermain dan tempat saat mencuci benang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Bupati Kuningan Acep Purnama bertukar cendera mata di Pendopo Kuningan di sela agenda pulang kampung, Sabtu (17/4/2021).
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Bupati Kuningan Acep Purnama bertukar cendera mata di Pendopo Kuningan di sela agenda pulang kampung, Sabtu (17/4/2021). (Tribun Jabar)

“Jadi begini, dulu itu, Kakek punya pabrik sarung dan teknik tenunnya masih manual. Nah, pengerjaan tenun itu ada benang yang kena warna tertentu dan harus dibilas hingga bersih. Dan di Sungai Citamba kami sering mencuci benang tenun,” tuturnya.

Apalagi saat itu Sungai Citamba masih banyak menjadi pusat aktivitas warga kota untuk mencuci dan kegiatan lainnya.

“Iya, dulu airnya jernih, tuh,” ujarnya.

Di tempat sama, H Ikhsan Marzuki mengungkapkan bahwa domisili Anies Baswedan saat kecil itu persis berada di Jalan Apidik dan depan rumahnya itu ada pohon belimbing besar.

“Sewaktu kecil kami sering main di atas pohon belimbing dan menikmati buahnya sambil ngobrol ngaler ngidul. Waktu kecil saya suka diam karena obrolan Pak Anies ini sudah jauh ke depan dan membayangkan seperti yang sekarang dirasakan,” ujarnya.

Saat menginjak masa remaja, kata Ikhsan, Anies meninggalkan Kuningan dan harus ikut bareng orang tua ke Yogyakarta.

“Ya, dulu, orang tua Pak Anies harus dinas di Yogyakarta sehingga keluarga harus ikut, termasuk Pak Anis,” ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved