Breaking News:

Ramadan 1442 H

Tips Ala Milenial Agar Tetap Bugar Saat Puasa, Harus Hindari Ini Saat Sahur

Milenial ini miliki tips agar tetap bugar saat menjalankan ibadah puasa terlebih bagi kaum milenial yang juga bekerja saat Ramadan

TRIBUN JABAR/Ferry Fadhlurrahman
ilustrasi kaum milenial 

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Selama berpuasa, badan tentunya akan lebih terporsir, karena bagi kalangan pekerja, mereka tetap harus beraktifitas seperti biasa dengan keadaan perut kosong dan menahan haus.

Namun puasa juga tidak mengganggu kesehatan tubuh kita, dan juga setelah melewati Ramadan, tubuh kita justru akan lebih segar dari sebelumnya.

Puasa menjadi tantangan sendiri bagi para milenial, pasal-pasalnya beberapa kebiasaan buruk, seperti insomia, telat bangun, atau para milenial juga biasanya malas memperhatikan makanan dan minuman yang menyehatkan.

Baca juga: WAKTU Buka Puasa 1 Ramadan 1442 H Selasa 13 April 2021 untuk Wilayah Cimahi, Cianjur dan Sukabumi

Salah satu pekerja milenial, Aena Nur Fitriyani (23) yang merupakan staf di Kantor DPRD Kabupaten Subang berbagi tips-tips agar tetap sehat dan bugar dalam menjalankan rutinitas meski sambil puasa.

Menurut Aena, memperbanyak minum diwaktu sahur merupakan hal yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh.

"Sebagian besar tubuh kita terdiri dari air. Saat berpuasa, tentunya kita dehidrasi, aku biasanya minum 6-8 gelas air dari buka sampai sahur biar kondisi badan tetap fit," katanya ketika ditemui Tribun di Kantor DPRD Kabupaten Subang, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Nonton Video Makanan saat Puasa Ternyata Bisa Mengurangi Keutamaan Puasa, Ini Penjelasan Ulama

Aena juga mengatakan, selama berpuasa ia juga menghindari makanan yang mengandung minyak, gula, serta kalori yang cukup tinggi yang dapat menyebabkan asam lambung.

"Kalau aku sebaiknya menghindari, jenis makanan berlemak kaya gorengan, atau yang manisnya berlebih, terutama di waktu sahur," katanya.

Utamanya pada saat sahur, ia rutin menyantap menu yang mengandung protein yang berserat tinggi.

Baca juga: Bacaan Doa Buka Puasa Ramadan, Lengkap serta Bacaan Niat Puasanya dan Jadwal Buka Puasa

"Aku pas sahur biasanya makan buah juga,  kadang apel, alpukat atau pisang, karena itu seratnya tinggi dan kenyangnya terasa lebih lama sih." Katanya.

Masih dalam kesempatan yang sama Aliffa Shalmanisa Rezkia Milyana Prihana yang merupakan rekan kerja Anea, juga mengungkap, tips agar sehat dan lancar menjalankan aktivitas kerja sembari berpuasa adalah dengan menjalankan pola tidur yang benar.

"Karena harus bangun lebih pagi buat nyiapin sahur dan sholat. Kadang suka ngerasa kurang tidur, dan itu juga biasanya mempengaruhi nafsu makan, kondisi badan, atau kinerja otak. Kalau kurang tidur biasanya kurang fresh gitu," Kata Aliffa.

Baca juga: TIDUR SIANG saat Puasa Ramadan Apakah Tetap Dapat Pahala? Ini Penjelasan Ketua Ikatan Dai Indonesia

Aliffa sendiri mengatasi insomia atau kesulitan tidur tepat waktu dengan membaca, atau terkadang ia memutar video di gawai.

Selain menghindari kekurangan tidur, tips agar tetap sehat dan fresh dalam menjalankan aktifitas sembari berpuasa, Aliffa juga selalu mengatur asupan gizi yang tentunya gizi merupakan energi sepanjang hari.

"Aku biasa mengkonsumsi suplemen-suplemen herbal seperti pil temulawak, itu juga membantu meningkatkan antioksidan katanya, jadi tubuh dan pencernaan kita juga lebih sehat." katanya.

Penulis: Irvan Maulana
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved