Breaking News:

Ramadan 1442 H

Selama Ramadan, Satpol PP Kota Bandung Akan Awasi Tempat-tempat Berikut

Selama Ramadan ini Satpol PP Kota Bandung akan mengawasi sejumlah lokasi atau tempat di Bandung yang berpotensi terjadinya kerumunan

Tribun Jabar/Mega Nugraha
Polisi membubarkan kerumunan warga di sekitar Gedung Merdeka, Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Jumat (21/8/2020). 

TRIBUNJABAR. ID,BANDUNG - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)  selama  bulan Ramadan akan melakukan pengawasan dan penertiban selama 24 jam kepada pelanggar protokol kesehatan.

"Kami telah membentuk tim khusus selama Ramadan, untuk mengawasi dan menindak warga agar patuh protokol kesehatan, "ujar Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung, Idris Kuswandi,di Balai Kota, Selasa (13/4).

Menurut Idris jajarannya telah prediksi lokasi lokasi yang bakal terjadi pelanggaran di bulan Ramadan mulai dari penyandang masalah kesejahteraan sosial, tempat kuliner, tempat ngabuburit dan buka bersama.

Baca juga: Cek Jadwal Buka Puasa Hari Ini 1 Ramadan 1442 H untuk Kota Bandung, Lengkap dengan Doa Buka Puasa

"Kerumunan yang sering terjadi di Punclut tempat makan saat buka, begitu juga saat sahur Satpol bergabung dengan kepolisian antisipasi balapan liar," ujar Idris. 

Idris mengatakan, untuk penanganan ketertiban dari tanggal 1 sampai 13 Mei tugas Satpol dan  H - 7 sampai H+7 diambil alih aparat kepolisian . 

"Taman dan tempat rekreaksi masih ditutup tapi masih banyak berkerumun sehingga harus selalu dibubarkan seperti 
di Jalan Asia Afrika, Alun-alun, Tegallega dan Taman lainnya.

Baca juga: VIDEO Hari Pertama Puasa, Sentra Vaksinasi BUMN Eldorado Bandung Barat Tetap Beroperasi

Untuk pengamanan bulan Ramadan Satpol terjunkan 700 personil, dengan tugas ada yang patroli dan tugas di kantor jika dibutuhkan siap meluncur.

Idris menegaskan, Surat Edaran (SE) Kementerian Agama telah menyatakan, kegiatan ngabuburit dan buka puasa dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing. Sebab, dikhawatirkan terjadi penyebaran Covid-19.

"Dan untuk beribadah juga dianjurkan di rumah atau apabila di masjid tidak boleh melebihi 50 persen dari kapasitas ruangan," ujarnya.

Baca juga: Kisah Alquran Tertua, Usia 363 Tahun, Sempat Hilang di Laut, Tapi Tiba-tiba Muncul di Rumah

Idris memastikan, selama Ramadan tempat hiburan malam seperti bar, klub malam, diskotik, tempat karaoke, panti pijat, dan spa dilarang untuk beroperasi.

"Itu sudah ada aturan dan diperkuat dengan SE Disbudpar Kota Bandung menyatakan bahwa, sejak tanggal 11 april-15 Mei seluruh tempat hiburan wajib menghentikan kegiatan operasionalnya. Jadi sudah jelas, jika membandel pasti ada sanksi," ujar Idris. 

Penulis: Tiah SM
Editor: Siti Fatimah
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved