Breaking News:

Perlukah Penjadwalan Ulang Suntik Vaksin Covid-19 karena Menjalani Puasa Ramadan, Ini Jawabannya

Terkait vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan, MUI telah menerbitkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada Saat Berpuasa.

Editor: Giri
Istimewa
ILUSTRASI - Karyawan PT Angkasa Pura II (Persero) mendapat suntikan vaksinasi Covid-19 di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Jumat (12/3/2021). 

TRIBUNJABAR.ID - Jadwal vaksinasi Covid-19 tak berubah sepanjang bulan Ramadan. Terkait vaksinasi Covid-19 pada bulan Ramadhan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah menerbitkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 pada Saat Berpuasa.

Melalui fatwa tersebut, MUI menyatakan, vaksinasi dengan cara injeksi seperti dalam pemberian vaksin Covid-19 tidak membatalkan puasa.

Selain itu, MUI juga menegaskan, umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh pemerintah.

MUI menyebutkan, dengan berpartisipasi dalam program vaksinasi, maka umat Islam telah membantu mewujudkan kekebalan kelompok agar dapat terbebas dari wabah Covid-19.

Adakah persiapan khusus yang perlu dilakukan jika mendapat jadwal vaksinasi di bulan Ramadan?

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 dari Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, mengatakan, tidak ada persiapan khusus yang harus dilakukan jika mendapat jadwal vaksinasi pada bulan Ramadan, saat menjalankan ibadah puasa.

"Yang pasti, puasa adalah ibadah, dan saat ini para ahli kesehatan mengatakan tidak ada halangan secara kesehatan untuk mendapatkan vaksinasi saat berpuasa," kata Nadia saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Ramalan Zodiak di Hari Pertama Puasa Ramadan Selasa 13 April, 7 Zodiak Ini Diperkirakan Beruntung

Baca juga: Vicky Prasetyo Heran Mengapa Sampai Dipenjara karena Kasus Penggerebekan Angel Lelga

Baca juga: Marc Marquez Akan Kembali, Tim Yakin Bisa Kumpulkan Poin dengan Mudah, Target Juara Dunia?

Nadia mengatakan, masyarakat yang kebagian jadwal vaksinasi di bulan Ramadan tidak perlu cemas atau khawatir.

"Tentunya kita istirahat yang cukup. Saat sahur makan dan minum. Tidak perlu cemas, (tetap) menenangkan diri," ujar Nadia.

Vaksinasi saat malam hari

Halaman
123
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved