Breaking News:

Masjid Al-Ukhuwwah Buka Baitulmaal, Melayani Zakat, Infak, Sedekah, dan Wakaf

Bertepatan dengan memasuki satu Ramadan, Masjid Agung Al-Ukhuwwah membuka fasilitas Baitulmaal

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Siti Fatimah
ertepatan dengan memasuki satu Ramadan, Masjid Agung Al-Ukhuwwah membuka fasilitas Baitulmaal yang bernama Baitulmaal Masjid Agung Al-Ukhuwwah, di Jalan Wastukancana, Selasa (13/4). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bertepatan dengan memasuki satu Ramadan, Masjid Agung Al-Ukhuwwah membuka fasilitas Baitulmaal yang bernama Baitulmaal Masjid Agung Al-Ukhuwwah, di Jalan Wastukancana, Selasa (13/4).

Melalui layanan BMM Al-Ukhuwwah ini, jemaah atau masyarakat umum dapat menyalurkan berbagai sumbangan dalam berbagai bentuk seperti zakat, infak, sedekah, dan wakaf (ziswaf).

Direktur BMM Al-Ukhuwwah, Shahrial, mengatakan bahwa berdirnya BMM Al-Ukhuwwah menjadi sejarah bagi pihak masjid karena baru sekarang Masjid Agung Al-Ukhuwwah memiliki Baitulmaal.

Baca juga: Dorong Desa Mandiri, Bantu Desa Tertinggal dan Korba Bencana Melalui Program Belanja Amal

Berdirinya BMM Al-Ukhuwwah dilakukan melalui sebuah keputusan bersama melalui DKM Al-Ukhuwwah pada 5 Maret 2021 yang sekaligus menunjuk dia sebagai direktur BMM. 

"Baitulmaal ini merupakan jaringan dari Baitulmaal Masjid Indonesia yang berkantor pusat di Pontianak, Kalimantan Barat, di bawah Masjid Munzalan," ujar Shahrial di sela pembukaan.

Menurut Shahrial, tidak semua Baitulmaal menggungakan nama masjdi, namun Al-Ukhuwwah sengaja menggunakan nama masjid untuk identitas bahwa BMM Al-Ukhuwwah bukanlah Baitulmaal yang berdiri sendiri, namun sebagai Baitulmaal milik masjid dimana seluruh program akan memprioritaskan program masjid, khususnya program sosial kemanusiaan yang digelar oleh masjid.

Baca juga: Dari 70 Pekerja Hanya Tersisa 2, Pelaku Usaha Gamis Terpuruk Akibat Pandemi dan Banjir Produk Impor

Dalam kesempatan itu, DKM Al-Ukhuwwah, Sa'ud Effendie, mengatakan bahwa BMM Al-Ukhuwwah memiliki peran dan fungsi strategis dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai Baitulmaal yaitu menampung dan menyalurkan dana umat berupa ziswaf dan dana lainnya yang akan dikembalikan untuk kesejahteraan umat. 

"Kami di BMM hanya sebagai jembatan untuk menarik muzaki dan mereka-mereka yang ingin bersedekah, infak, sedekah, dan lain-lain, untk kemudian dikelola dan dikembalikan ke masyarakat yang perlu dibantu seperti kaum duafa, fakir miskin, anak yatim, bencana-bencana atau kebutuhan bantuan pengobatan bagi masyarakat tidak mampu," kata Sa'ud.   

BMM  Al-Ukhuwah sendiri melayani penerimaa dan penyaluran dana ziswaf seperti zakat maal, baik berupa zakat penghasilan, zakat emas dan perak, zakat perdagangan, dan zakat perusahaan, konsultasi pembayaran zakat langsung dan daring,  kemudian  layanan infak umum, penerimaan sedekah berupa barang dan uang serta menerima wagaf berupa ladang, kebun, saham perusahaan yang seluruh hasilnya diakadkan oleh pewakif untuk menopang aktivitas pendidikan, dakwah dan layanan sosial bagi umat.  

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved