Breaking News:

Ramadan 1442 H

Warga Berdatangan ke Tempat Rukyatul Hilal di Sukabumi, Lihat Langsung Penentuan 1 Ramadan 1442 H

Warga berdatangan ke tempat rukyatul hilal penentuan awal Ramadan di Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas, Sukabumi, Jawa Barat.

Editor: Kisdiantoro
Tribunjabar.id/M Rizal Jalaludin
Warga berdatangan ke tempat rukyatul hilal penentuan awal Ramadan di Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (12/4/2021). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Kabupaten Sukabumi M Rizal Jalaludin

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Warga berdatangan ke tempat rukyatul hilal penentuan awal Ramadan di Pusat Observasi Bulan (POB) Cibeas, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (12/4/2021).

Mereka datang dari berbagai daerah di Kabupaten Sukabumi. Pantauan Tribunjabar.id warga tampak mulai berdatangan sejak pukul 15.30 WIB.

Operator Dewan Hisab dan Rukyat (DHR) Kabupaten Sukabumi Zaenurridwan mengatakan, saat ini pihaknya masih mempersiapkan alat untuk rukyatul hilal.

Baca juga: LINK LIVE STREAMING Sidang Isbat Penentuan Awal Puasa Ramadhan 1442 H, Tayang Sekarang!

Baca juga: Daftar Kata-kata Penuh Makna Ucapan Menyambut Ramadhan 1442 H, Pasang Jadi Status WA dan Story IG

Baca juga: Isu Muktamar Luar Biasa PKB Ganti Cak Imin, PKB Ciamis Adem Ayem, Cari Tahu Kebenaran Isu Gerakan

"Untuk di POB menyiapkan alat, nanti acaranya mulai setelah asar, pembukaan penjelasan tim ahli tentang posisi hilal hari ini, posisinya sebelah mana, berapa derajat, elongasinya berapa, ijtimanya berapa dan segala macamnya. Nah rukyatnya sendiri nanti setelah magrib, setelah matahari tenggelam," ujarnya.

Ia menyebut, ada dua alat yang akan digunakan dalam rukyatul hilal, yakni teleskop modern dan alat tradisional berupa bektang.

"Alat yang digunakan nanti yang modern teleskop otomatis, sama yang alat tradisional bektang," jelasnya.

Menurutnya, Rukyatul Hilal kali ini akan dihadiri oleh Kemenag Kabupaten Sukabumi, Kemenag dari Bogor dan Cianjur, serta MUI Kabupaten Sukabumi.

"Yang hadir tentunya tim ahli Badan Hizab Rukyat (BHR) Kabupaten, dari Kemenag, dari Bogor dan Cianjur, kepala Kanwil juga rencana mau hadir informasinya, MUI juga hadir," ucapnya.* (M Rizal Jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved