Breaking News:

Mehub Sebut Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung sebagai Lompatan Teknologi Pembangunan

kereta cepat Jakarta-Bandung akan memangkas waktu dua kota tersebut hanya menjadi 40 menit dengan lintasan sepanjang 142,3 km

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Tribun Jabar/Cipta Permana
Proyek pengerjaan jalur Kereta Api Cepat Bandung - Jakarta yang dilakukan oleh pengembang Kereta Cepat Indonesia - China (KCIC) di kawasan Rancasari, Kota Bandung berbatasan dengan Jalan Tol Purbaleunyi, Jumat (24/1/2020). 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung yang menggunakan teknologi tinggi dianggap sebagai suatu lompatan yang baik bagi Indonesia.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengatakan hal tersebut saat pembukaan kantor pusat China Railway Group Limited (CREC) di Indonesia, investor terbesar dalam proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Menurutnya, kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan satu di antara Proyek Strategis Nasional (PSN), yang dibangun melalui kerja sama antara Indonesia dan Cina.

"Ini lompatan tertentu bagi Indonesia dalam segi teknologi pembangunan, dari yang tadinya belum bisa, sekarang menjadi bisa. Lompatan ini hendaknya kita maknai secara baik," ujar Budi Karya dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (11/4/2021).

Kerja sama proyek berteknologi tinggi ini pun perlu diikuti dengan transfer pengetahuan atau transfer knowledge antara kedua belah pihak.

Diharapkan para pekerja di Indonesia bisa menambah pengetahuan tentang teknologi tersebut dan sebaliknya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (27/2/2020)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (27/2/2020) (KOMPAS.com/SINGGIH WIRYONO)

Baca juga: Warga Keluhkan Pembangunan Jalur Kereta Cepat di KBB, Tanah Miliknya Belum Dibebaskan

Baca juga: VIDEO-Ribuan Batang Rel Kereta Cepat Jakarta-Bandung Datang di Depo KC Tegalluar

"Proses transfer knowledge ini menjadi suatu keharusan dan dijalankan secara simultan,” kata Budi Karya.

Chief Representative of China Railway Engineering Group Corporation (CREC) Zhang Wei menambahkan, pihaknya berkomitmen dalam menyelesaikan proyek pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Hal itu sekaligus membuka lapangan pekerjaan yang lebih banyak lagi lewat proyek ini, sebagai simbol persahabatan antara Indonesia dan Cina.

"Proyek ini salah satu yang kami sangat perhatikan," ucap Zhang Wei. Diketahui, kereta cepat Jakarta-Bandung adalah proyek kereta cepat pertama di Indonesia yang telah diinisiasi sejak Tahun 2015.

Standar kecepatan kereta cepat ini akan mencapai 350 km per jam. Kereta cepat Jakarta-Bandung akan memangkas waktu dua kota tersebut hanya menjadi 40 menit dengan lintasan sepanjang 142,3 km, jauh lebih cepat dibandingkan dengan waktu tempuh kereta api reguler yang saat ini yakni 3 jam lebih. (Yohana Artha Uly)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Lompatan Teknologi Indonesia"

Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved