Breaking News:

Disbudpar Luncurkan Patrakomala.id, Fasilitasi Pelaku Ekonomi Kreatif di Kota Bandung Daftar HAKI

Pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung kini bisa mendaftarkan karyanya ke HAKI melalui Patrakomala.id.

Tribun Jabar/Tiah SM
Peluncuran website PATRAKOMALA.ID yang bisa menjadi sarana informasi para pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar , Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Web Patrakomala.id dilaunching Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, sebagai patron resmi Pemkot Bandung dalam upaya digitalisasi ekonomi kreatif.

“Patrakomala, baru dilaunching sekarang, tapi sudah diperkenalkan sejak 2018 lalu,” ujar Kepala Disbudpar Kota Bandung, Keny Dewi Kania Sari, saat Launching Patrakomala.id di Hotel Jalan Pasirkaliki, Sabtu (10/4/2021).

Keny mengatakan, Kota Bandung memiliki SDM kreatif yang sangat melimpah, dengan adanya PTRAKOMALA ini, diharapkan bisa menjadi database bagi Pemkot Bandung untuk mengetahu secara persis, berapa jumlah pelaku ekonomi kreatif di Kota Bandung.

Baca juga: Desa Dano di Garut Ini Ciptakan Lembaga Khusus Sarjana untuk Membantu Pembangunan Desa

Baca juga: Inter Milan Taklukkan Cagliari, Jalur Scudetto AC Milan Makin Sempit

Keny mengatakan, para pelaku ekonomi kreatif diberi fasilitas gratis untuk daftar HAKI, agar karyanya tidak dicuri orang lain apalagi negara lain.

Menurut Keny, sejak awal diperkenalkan, sudah ada sekitar 2.029 ekonomi kreatif di Kota Bandung yang terdaftar melalui PATRAKOMALA.

“Dengan data ini, jadi memudahkan untuk menentukan kebijakan dan program yang berhubungan dengan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Di Kota Bandung sendiri, subsektor ekonomi kreatif yang paling banyak berkembang adalah fashion, kuliner dan kerajinan.

“Terdatanya ekonomi kreatif akan terpetakan, wilayah mana dan menghasilkan apa. Di seluruh wilayah Kota Bandung bisa terbaca jika ingin mencari hasil kreatifitas dan kerajinan warga harus mencari ke mana,” ujar Keny.

Untuk para pelaku ekonomi kreatif, mereka bisa mendapatkan informasi dengan mudah, baik dari Pemkot Bandung, maupun dari sesama pelaku ekonomi kreatif di berbagai wilayah.

Halaman
12
Penulis: Tiah SM
Editor: taufik ismail
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved