Breaking News:

VIDEO-Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika Pantau Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Terhadap Lansia

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyampaikan vaksinasi untuk lansia masih berjenis sinovac dan baru diterima pada 8 April 2021

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Pelaksanaan vaksinasi bagi lanjut usia (lansia) di Purwakarta mulai dilakukan pada Jumat (9/4/2021) di Taman Maya Datar, Pemda Purwakarta.

Purwakarta yang masuk dalam zona kuning penyebaran Covid-19 masih terus gencar dalam pelaksanaan vaksinasi, dengan sebelumnya menyasar ke tenaga kesehatan, tenaga pendidik, dan pelayanan publik.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika menyampaikan vaksinasi untuk lansia masih berjenis sinovac dan baru diterima pada 8 April 2021 sebanyak 860 vial yang dibagi untuk dua kali penyuntikan.

VIDEO-Menyambut Ramadan, Bupati Purwakarta Bebersih dan Ngaliwet Bersama Warga

"Tahap pertama untuk lansia kami menyasar lakukan vaksinasi 430 vial. Jika dimaksimalkan satu vial bisa untuk 9 atau 10 orang," katanya. 

Anne Ratna Mustika mengatakan vaksin yang diterima pada Kamis lalu, 60 persennya untuk lansia dan 40 persennya untuk tenaga pendidik atau guru.

"Kenapa kami siapkan 40 persen untuk guru? Ya karena kami bersiap untuk membuka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka sehingga perlu disiapkan guru-guru untuk divaksin," ujarnya.

VIDEO-Kebun Bambu 1 Hektare di Wanayasa Purwakarta Terbakar, Danru Sebut Api Meluas Sangat Cepat

Pelaksanaan vaksinasi terhadap lansia, Ambu Anne menyebut dilakukan secara bertahap dan pada hari ini dimulai penyuntikan vaksinasi kepada 50 orang di Taman Maya Datar Pemda Purwakarta.

Sedangkan lainnya, bakal dilakukan di 20 puskesmas dan rumah sakit yang memang telah ditunjuk untuk vaksinasi.

"Tahap awal itu kami menyasar sebanyak 2.580 orang. Namun, secara keseluruhan kami targetkan sebanyak 1,7 persen dari jumlah penduduk di Purwakarta berdasar data Badan Pusat Statistika (BPS). Vaksinasi untuk lansia kami harapkan bisa selesai dalam waktu lima hari," katanya. (*)

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Video Editor: Edwin Tk

Penulis: Muhamad Nandri Prilatama
Editor: Teguh Kurnia
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved