Breaking News:

Tiga Desa di Pangandaran Terdampak Bencana dan Gagal Panen, Dapat Bantuan Pangan 53 Ton Beras

Pemerintah Provinsi Jabar juga menyerahkan 400 paket sembako untuk Penanganan Daerah Rawan Pangan (BPDRP) untuk 400 kepala keluarga

Tribun Jabar/ Padna
Uu Ruzhanul Ulum memberikan bantuan Pangan Berupa Beras Kepada Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna

TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN - Pemerintah Provinsi Jawa Barat menyalurkan 53,739 ton beras Cadangan Pangan Pemerintah Daerah (CPPD) bagi masyarakat terdampak banjir dan gagal panen di Kabupaten Pangandaran, Jumat (9/4/2021).

Selain itu, Pemerintah Provinsi Jabar juga menyerahkan 400 paket sembako untuk Penanganan Daerah Rawan Pangan (BPDRP) untuk 400 kepala keluarga.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jawa Barat, Ir H Jafar Ismail MM mengatakan, Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar terus berupaya mewujudkan kedaulatan pangan.

"Maksud dari kegiatan penyaluran cadangan pangan ini adalah untuk menyediakan komoditi beras sebagai makanan pokok, dalam rangka mencegah kekurangan pangan, baik menghadapi gejolak harga pangan, bencana alam, ataupun dalam menghadapi keadaan darurat," ujar Jafar melalui sambutannya saat penyerahan Bantuan Pangan kepada Pemkab Pangandaran di aula Desa Tunggilis, Kalipucang, Jum'at (9/4/2021).

Adapun beras CPPD tersebut akan disalurkan kepada 2.612 kepala keluarga di tiga Desa, di Kecamatan Kalipucang dan Padaherang.

Tiga desa terseut adalah Desa Maruyungsari - Padaherang, Desa Pamotan - Kalipucang, dan Desa Tunggilis - Kalipucang.

Baca juga: TONTON LIVE STREAMING INDOSIAR PSIS Semarang Vs PSM Makassar, Adu Strategi Cetak Banyak Goool

"Ketiga desa itu, sebelumnya terdampak banjir yang menyebabkan gagal panen," ucapnya.

Jafar berharap,  bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat sehingga tidak ada yang kekurangan pangan.

Sementara, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan mengungkapkan, pemenuhan kebutuhan pangan merupakan salah satu kewajiban pemerintah.

Sehingga, penyerahan CPPD dan PDRP merupakan upaya dalam mengatasi kerawanan pangan.

Baca juga: Pemkab Subang Akan Susun Regulasi Beserta Protokol Salat Tarawih Setelah Ada Larangan Mudik

"Apabila ada kerawanan pangan di samping pemerintah kota/kabupaten, pemerintah provinsi pun mempunyai kewajiban yang sama," kata Ia.

Karena, lanjut Ujang, hampir setiap tahunya wilayah Kecamatan Kalipucang dan Padaherang menjadi langganan bencana alam Banjir.

"Dan apa yang digelontorkan bantuan dari pemerintah Provinsi Jawa barat, semoga bisa meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana di Pangandaran. Dan mohon, kedepannya untuk ada tambahan bantuan lagi," ucap Ujang.

Baca juga: DAM Adakan Edukasi Webinar Safety Riding Untuk Mahasiswa Universitas Widyatama

Penulis: Padna
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved