Breaking News:

Desa Karedok di Sumedang, Destinasi Wisata yang Punya Beragam Kuliner Karedok dan Upacara Adat

Desa Karedok di Sumedang menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Ada upacara-upacara adat mulai dari ngabeungket sampai mapag sri

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam | Editor: Tarsisius Sutomonaio
Istimewa
Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, meresmikan Desa Karedok sebagai Desa Wisata di Kabupaten Sumedang, Kamis (8/4/2021).  

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum, meresmikan Desa Karedok sebagai Desa Wisata, Kamis (8/4/2021). Desa Karedok terletak di Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Desa Karedok menyimpan potensi wisata yang luar biasa. Misalnya, upacara-upacara adat mulai dari ngabeungket, tutup buku guar bumi, sampai mapag sri. Upacara-upacara adat itu bisa memikat wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Selain itu, Desa Karedok memiliki cerita rakyat yang dapat memikat wisatawan untuk berkunjung, juga menyajikan kuliner karedok, mulai dari karedok leunca, karedok terong, sampai karedok kacang panjang.

"Pemda Provinsi Jabar berusaha meningkatkan ekonomi secara merata. Tiap daerah harus ada progres, antara lain dengan desa wisata," kata Pak Uu, sapaan Uu Ruzhanul Ulum, melalui ponsel, Jumat (9/4/2021).

Menurut Pak Uu, Desa Karedok pun memiliki homestay yang nyaman buat wisatawan. Dengan begitu, ia optimistis wisatawan akan betah tinggal di Desa Karedok.

"Ada homestay, rumah-rumah dipakai istirahat wisatawan sehingga wisatawan betah datang ke situ, terutama wisatawan keluarga," ucapnya.

Baca juga: Masdi Penjual Cilok di Blora Pakai Jas dan Dasi Saat Jualan, Lucu dan Jadi Pusat Perhatian

Baca juga: Sopir Gemetaran Saat Menemukan Uang Rp 10 Berceceran di Jalan, Cari Pemiliknya Hingga di Medsos

Desa-desa di Jabar, ucap Pak Uu, memiliki potensi wisata yang besar. Pemandangan indah dan kekayaan budaya menjadi salah satu daya tarik desa-desa di Jabar.

Oleh karena itu, kata Pak Uu, Pemda Provinsi Jabar menargetkan setiap kabupaten/kota di Jabar memiliki 10 desa wisata.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa, menyebut pembentukan desa wisata merupakan implementasi pembangunan yang dilakukan lewat pendekatan bottom-up.

Hari pun meminta Pemda Provinsi Jabar untuk meningkatkan dan memperbaiki aspek 3A, yakni aksesibilitas, amenitas, dan atraksi (aspek 3A), di Desa Wisata Karedok.

"Ada kerajinan tangan dari bambu, batok kelapa, belum lagi kuliner, hingga atraksi kesenian adat yang dapat ditampilkan," ucap Hari.

Kepala Desa Karedok Intas Wikarya Putra berharap dengan peresmian tersebut, kesejahteraan dan perekonomian di desanya akan meningkat.

"Dengan adanya pembangunan desa wisata, ini adalah pemanfaatan potensi yang ada. Dengan semangat tinggi kerja keras, kuat, dan kerja ikhlas, tetap bersemangat warga Desa Karedok swadaya untuk membentuk desa wisata dan desa mandiri," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved