Breaking News:

Hal-Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Touring Menggunakan Sepeda Motor

Apabila saat touring sepeda motor mengalami masalah pada kendaraannya, pengemudi bisa mengunjungi bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat

Istimewa
Komunitas Honda PCX Indonesia Chapter Bandung melakukan perjalanan touring bersama-sama. (Foto diambil sebelum Pandemi COVID-19) 

BANDUNG – Salah satu kegiatan rutin yang biasa dilakukan oleh pengguna sepeda motor adalah touring dengan jarak dekat maupun jauh. Touring bisa dilakukan sendirian maupun bersama teman-teman atau komunitas namun tetap harus #Cari_Aman.

Safety Riding Development Section Head, Ludhy Kusuma mengatakan, “Saat melakukan touring pengendara dan penumpang wajib penggunakan perlengkapan berkendara, diantaranya jaket yang sesuai untuk berkendara, helm standar SNI, sarung tangan, dan masker, serta mempersiapkan jas hujan dan pakaian pengganti sesuai kebutuhan.”

Touring merupakan aktivitas yang sangat melelahkan, maka sebelum touring sebaiknya jaga kondisi dengan istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang sehat. Ketika badan merasa lelah saat mengendarai sepeda motor, disarankan untuk beristirahat dan jangan memaksakan diri sebagai upaya menghindari kecelakaan akibat kondisi fisik yang lelah atau mengantuk.

Agar touring aman dan nyaman saat di jalan raya dan sampai tempat tujuan dengan selamat, pengendara wajib mempersiapkan hal-hal seperti:

Surat-Surat Kendaraaan
Salah satu hal penting dalam persiapan touring adalah mempersiapkan surat-surat kendaraan, seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) serta Kartu Tanda Penduduk (KTP) merupakan surat-surat wajib yang harus dibawa saat melakukan perjalanan jarak jauh.

Membawa surat-surat kendaraan seperti STNK, SIM, KTP menjadi suatu kewajiban ketika akan berkendara.
Membawa surat-surat kendaraan seperti STNK, SIM, KTP menjadi suatu kewajiban ketika akan berkendara. (Istimewa)

Kendaraan
Gunakan sepeda motor yang nyaman digunakan saat perjalanan jarak jauh. Apapun jenis kendaraan yang digunakan harus dalam keadaan yang prima. Beberapa bagian motor harus dalam kondisi yang baik, seperti kondisi mesin, kampas rem, oli mesin, kondisi ban, lampu apakah menyala dengan baik. Diwajibkan juga membawa toolkit agar aman selama di perjalanan.

“Apabila saat touring sepeda motor mengalami masalah pada kendaraannya, pengemudi bisa mengunjungi bengkel resmi Honda atau AHASS terdekat untuk di cek sehingga berkendara tetap dalam kondisi yang aman dan nyaman,” ujar Ludhy.

Cek Kesehatan
Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, cek kondisi kesehatan pengemudi dan penumpang yang merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi. Jaga kesehatan sebelum touring dengan beristirahat yang cukup juga menjaga pola makan supaya tidak masuk angin selama perjalanan.

Di dalam perjalanan, pengendara tetap harus memperhatikan kondisi tubuh. “Sebaiknya istirahat minimal 2 jam sekali dan makan secara teratur agar kondisi tubuh tetap dalam keadaan fit,” ujarnya.

Tentukan Tempat Pemberhentian Istirahat
Hal yang sering terlupakan oleh pengendara adalah tidak merencanakan tempat berhenti untuk beristirahat, sehingga sering memaksakan sampai ketempat tujuan. Disarankan 2 jam sekali untuk beristirahat sehingga tubuh pun dapat kembali fokus dan menghindari potensi bahaya ketika merasa lelah.

Patuhi Rambu-Rambu Lalu Lintas
Jangan lupa untuk seluruh pengguna sepeda motor yang akan melakukan touring jarak jauh maupun dekat, dianjurkan agar selama diperjalanan harus tetap selalu mematuhi rambu-rambu lalu lintas dimanapun anda berada. Agar perjalanan kita menjadi lebih aman dan nyaman hingga selamat sampai ditujuan.

Salam Satu HATI,
PT Daya Adicipta Motora

Editor: bisnistribunjabar
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved